33+ Cara Membuat Bunga Dari Kertas, koran, Karton, hvs, tisu, kado, krep, origami DLL

Cara Membuat Bunga Dari Kertas – Membahas mengenai keindahan bunga memang tidak ada habisnya. Mengingat bunga sendiri selalu hadir dengan warna dan tampilan indah dan cantik. Bunga asli identik dengan kupu-kupu yang selalu menghinggapi nya yang sangat indah.

Lalu bagaimana jika bunga tersebut kita buat dengan kertas?. Pasti lebih seru bukan? Membuat kerajinan bunga dari kertas memang sangat mengasikkan. Selain mengasah kekreatifitasan membuat bunga kertas bisa menambah skil kita dalam membuat kerajinan tangan.

Kertas lazimnya kerap dipakai dalam bentuk beragam kerajinan tangan yang teksturnya ringan untuk dibentuk. selain itu bunga dari bahan kertas juga lebih menghemat biaya.

Disamping itu, ada sangat banyak pilihan warna yang bisa dipakai dari kerajinan tangan ini. Jadi bisa dibuat beragam karya kertas yang menarik. Berikut ini adalah informasi tentang bagaimana cara membuat bunga dari kertas.

Tutorial Cara Membuat Bunga Dari Kertas Krep

Bunga dari Kertas Crep

Cara membuat bunga dari kertas bisa diubah menjadi bermacam macam hiasan pada rumah maupun ruangan yang lain yang indah.

Anda tentunya bisa membuat bunga hiasan dinding dan bunga sebagai hiasan meja dengan mudah. Bunga hias ini bisa juga dipakai dalam mempercantik tampilan ruangan pesta maupun acara spesial yang lain.

Lalu apa saja bunga yang bisa dibentuk dari kertas Kerp? Mungkin salah satu hal yang terbesit di fikiran Anda.

Kurang lebih setiap bunga yang terkenal misalnya bunga melati, mawar, , sakura tulip, dan berbagai jenis bunga yang lain. Pastinya masing- masing yang memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda dalam membuatnya. Berikut cara membuatnya beserta gambar bunga.

Cara Membuat Bunga Sakura Dari Kertas Krep

Bunga Sakura dari Kertas Krep

Bagi kalian yang galau gak bisa ngliat bunga sakura asli jangan khawatir. Kini kalian bisa membuat bunga sakura sendiri di rumah dengan mudah. Pertama tama siapkan terlebih dahulu bahan dan alat dibawah ini :

Alat-alat yang diperlukan :

  1. Gunting
  2. Pensil
  3. Pot kecil
  4. Penggaris

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

  1. Benang
  2. kertas koran
  3. Isolasi warna
  4. benang
  5. Kertas krep bermacam warna
  6. lem kertas

Sekedar informasi bahwa bunga sakura adalah bunga khas yang berasal dari negara Jepang. Dalam pembuatan bunga sakura dari kertasa bisa dikatakan lumayan rumit. Mengingat bunga sakura terdapat beberapa tangkai yang rumit.

Bahkan dalam satu tangkai biasanya terdapat banyak ranting dan bunga. Nah, dalam membuat bunga sakura kertas untuk tangkainya bisa menggunakan kawat. Kawat tersebut dililitkan dengan kertas atau benang sampai benar-benar mirip ranting yang asli.

Namun, jika Anda tidak menginginkan hal tersebut maka Anda bisa meggunakan ranting yang sudah dikeringkan ataupun diawetkan. Selain itu, juga siapkan kertas krep dengan warna yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan warna hijau tua, merah muda, dan kuning.

Setelah semua bahan sudah siap maka tahap pembuatan bunga kertas sakura di bawah ini:

Langkah Membuat Bunga Sakura dari Kertas krep

  1. Yang pertama, potonglah kertas kertas yang berwarna hijau dan kuning menjadi ukuran 1×10 cm. Lalu potong kertas merah muda menjadi ukuran 5×10 cm.
  2. kemudian lipat kertas krep yang berwarna pink dan gunting lah hingga menjadi 5 bagian. Dimana bentuknya memanjang dan lonjong bak kelopak bunga sakura.
  3. Hasil dari pengguntingan tadi akan menghasilkan 5 bagian kelopak. Dimana setiap kelopak ada 2 tumpuk kelopak.
  4. Kemudian, bentuk lah kertas krep yang berwarna kuning menjadi sebuah putik bunga sakura. Bentuk lipatan krep yang berwarna kuning sedikit panjang. Dengan bentuk memanjang tersebut akan memudahkan Anda dalam melekatkan kelopak pada ranting.
  5. kalau putik bunga sudah terbentuk maka langkah selanjutnya adalah dengan melekatkan satu per satu kelopak bunga di putik untuk menjadi mahkota.
  6. Lalu tutuplah bagian putik dengan memakai kertas krep yang berwarna hijau. Nah, alasan pemilihan warna hijau adalah agar memunculkan kesan seperti sebuah tangkai bunga yang asli.
  7. Ulangi cara-cara diatas sampai menghasil kan bunga kertas sakura yang indah.

Supaya bunga sakura terlihat seperti sungguhan maka buatlah beberapa kuncup bunga sakura. Pada kertas krep yang berwarna merah muda bentuk lah menjadi bulatan, kemudian dilapisi dengan 3 kelopak bunga Dan jangan lupa bikin lapisan di bagian bawahnya dengan menggunakan kertas krep  yang warna hijau.

Sesudah bunga sakura dan bunga kuncup yang Anda hasilkan sudah lumayan, langkah selanjutnya adalah merangkai bunga-bunga tersebut. Lekatkan bunga dan kuncup bunga yang sudah dibikin tadi pada ranting dengan hati-hati.

Pakailah Lem perekat yang Anda pilih. Rekatkan kuncup tadi dengan merata ke seluruh ranting sampai rantingnya itu penuh dengan bunga. Jangan lupa rekat kan pula kuncup bunga yang telah dibuat ke bagian ranting yang belum terisi bunga. Saat semua rampung, Anda bisa menancapkan keunikan atau media yang lain.

Membuat Bunga Tulip Dari Kertas Krep

Bunga Tulip Dari Kertas Krep

 

READ  15+ Langkah Cara membuat Paspor Online & Manual, Syarat, Prosedur, mudah

Jika Anda belum puas membuat bunga sakura denga kertas. Maka Anda bisa membuat bunga cantik yang lainnya. Misalnya saja bunga tulip. Bunga tulip yang tak kalah indah ini juga memiliki ciri khas dan keindahan yang sangat mempesona.

Sehingga tak jarang banyak yang menyukai bunga tulip. Nah, jika Anda tertarik membuat bunga tulip dengan kertas. Maka perhatikan langkah-langkahnya dengan baik. Jangan sampai bunga tulip yang indah menjadi tidak indah. Bunga tulip sendiri adalah bunga khas dari negeri yang dijuluki kincir angin, yaitu negara Belanda.

Pembuatan bunga tulip tidak membutuhkan skill khusus karena motif dan bentuk bunga ini sangat mudah. Bentuk dan warna bunga tulip sangat  indah dan anggun. Jadi bunga ini sangat pas jika dipakai sebagai bunga hias. Dalam pembuatannya juga

lumayan mudah. Cuma membutuhkan bahan seperti kertas krep bermacam warna, serta kawat kecil yang digunakan untuk tangkainya.

langkah-langkah membuat bunga tulip dari bahan kertas

  1. Pertama, siapkan kertas krep dengan ukuran 6×10 inch
  2. Lalu, guntinglah kertas krep menjadi 5 bagian dimana tiap-tiap bagian memiliki ukuran 2×6 inch
  3. Ambil satu kertas yang sudah digunting tadi, lalu lipatlah tengahnya sampai menjadi kelopak bunga.
  4. lakukan langkah nomer 3 secara berulang-ulang untuk membuat bunga yang lain yang terbentuk 5 buah kelopak bunga tulip.
  5. Untuk tangkainya bisa menggunakan tangkai dari bahan kertas koran bekas. Dimana kertas koran digulung disertai ukuran dan panjang yang sesuai dengan ukuran bunga tulip. Supaya tangkai tidak mudah copot maka gunakan lem untuk menempelkannya. Namun, jika Anda tidak ingin riber dan susah maka Anda bisa menggunakan kawat agar terbentuk bunga tulip.
  6. Tahap selanjutnya adalah dengan merekatkan satu per satu kelopak bunga pada tangkai bunga
  7. Lalu ikatlah kelopak bunga yang satu dengan yang lainnya dengan benang agar tidak mudah lepas. Supaya bunga tulip yang dibentuk jadi tampak rapi, Anda bisa menggunakan kertas krep warna hijau sebagai penutup tangkai atau boleh juga memakai selotip yang warnanya hijau. Selain itu Anda bisa menggunakan kertas warna coklat sebagai lapisan tangkai bunga.

Cara Membuat Bunga Mawar Dari Kertas Krep

Bunga Mawar Dari Kertas Krep

Bunga selanjutnya yang bisa dibuat dengan kertas adalah bunga mawar.

Bunga yang sudah sering kita dengar ini memang selalu membuat jatuh cinta bagi siapapun yang memandangnya. Bunga ini adalah salah satu bunga tanda cinta yang memang lumayan populer di masyarakat.

Selain memiliki bentuk dan warna yang sangat memikat dan menarik, bunga mawar memiliki bau yang sangat wangi. Tidak aneh jika banyak orang yang mengagumi jenis bunga yang satu ini.

Jika  bunga mawar asli ditanam pada pot bunga. Maka untuk bunga mawar kertas ini sangat pas dimanfaatkan sebagai hiasan di dalam rumah. pembuatan bunga mawar dari kertas krep ini cukup mudah, Coba ikuti tahapan tahapannya berikut ini.

Langkah-langkah membuat bunga mawar dari kertas krep

  1. Pertama, sediakan kertas krep dengan aneka warna seperti warna merah, putih, merah mudah dan ungu.
  2. kemudian potong kertas krep tersebut menjadi beberapa bagian dengan bentuk yang melengkung tepat pada bagian kelopak bunga mawar.
  3. buatlah tangkai bunga dengan memakai kertas yang dilekatkan dengan lem. Kalau Anda tidak mau menggunakan lem juga bisa menggunakan kawat.
  4. Gunakan lem untuk merekatkan kelopak bunga yang sudah ada dan dibentuk ke ujung tangkai.
  5. Lalu rekatkan kelopak bunga yang lain dengan melingkar hingga menjadi satu buah mahkota bunga yang indah.
  6. Setelah rampung merekatkan bunga, kemudian bikin lapisan untuk bagian tangkai bunga menggunakan kertas krep warna coklat atau hijau. Agar menghasilkan penampilan yang lebih menawan maka Anda bisa membentuk daun pada tangkai menggunakan kertas krep warna hijau.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas LipatBunga Dari Kertas Lipat

 

 

Nah, jika Anda tertarik ingin membuat bunga dari kertas, maka kertas lipat juga bisa dimanfaatkan untuk membuatnya. Nah jika Anda tertarik untuk membuatnya berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

  1. bunga yang lebih cerah maka bedakan warna tiap-tiap warna kertas tersebut. Namun perlu diingat Anda harus memastikan bahwa warna ketiga kertas tersebut berbeda. Misalnya saja Anda bisa menggunakan warna ungu, ”’kuning, dan merah. Agar bunga yang dihasilkan lebih keras dan awet maka Anda bisa menggunakan kertas karton. Namun jika tidak ada juga bisa menggunakan kertas lipat.
  2. Masing-masing kelopak akan ada 2 lapisan, yakni bagian depan berukuran agak kecil dan bagain yang belakang berukuran agak besar. Usahakan juga warna dari masing-masing lapisan tersebut memiliki warna yang berbeda. Adapun untuk jumlah kelopaknya bisa disesuikan entah ingin 4 atau 5 kelopak.
  3. Kemudian satukan bunga yang berukuran kecil dengan yang berukuran besar.  Untuk posisinya bunga kecil berada di depan bunga uang berukuran besar.
  4. Kemudian sediakan tangkai kemudian masukkan tepat ke bagian tengah bunga. Adapaun tangkai agar terlihat rapi dan indah kawat dilapisi dengan selotip warna ataupun kertas warna. Caranya cukup mudah yakni dengan membuat lubang di bagian tengah bunga tersebut dengan jarum. Kemudian masukkan tangkainya tersebut dengan panjang 1,3 cm.
  5. Agar tangkainya tadi tidak mudah lepas maka Anda bisa membegkokkan atau juga bisa membuat simpul di ujung tangkai tadi. Boleh juga menggunkan kancing atau sejenisnya. Jadi, dengan cara tersebut maka Anda bisa dengan mudah memasukkan bunga ke vas bunga atau pot bunga di ruang tamu Anda.

Membuat Bunga Dari Bahan Kertas Kado

Membuat Bunga Dari Bahan Kertas Kado

 

READ  15+ Langkah Cara membuat Paspor Online & Manual, Syarat, Prosedur, mudah

Kertas kado pada umumnya memang digunakan untuk membungkus kado. Namun, siapa sangka bahwa kertas kado juga bisa digunakan untuk membuat bunga kertas yang indah. Nah, jika Anda tertarik membuat bunga dari kertas kado maka Anda bisa menyimak cara di bawah ini:

  1. Langkah pertama adalah sediakan kertas kado dan potong hingga membentuk persegi. Kemudian buatlah garis melingkar tak beraturan.
  2. langkah kedua adalah dengan menggunting kertas kado tadi sesuai dengan garis-garis yang sudah Anda buat sebelum nya.
  3. Setelah selesai, lalu mulai membikin gulungan kecil dari ujung-ujung kertas. Gulung terus kertas kado dan jangan sampai lupa untuk memberikan lem pada bagian bawahnya.
  4. Setelah tampak seperti bunga maka tancapkan saja pada ranting buatan.

Nah cukup mudah bukan membuat bunga dari kertas kado? Bunga ini bisa Anda manfaatkan untuk hiasan di depan rumah atau ruang tamu.

Membuat Bunga Dari Kertas Karton

Membuat Bunga Dari Kertas Karton

Bunga kertas selanjutnya adalah bunga yang berasal dari kertas karton. Cara membuat bunga dari kertas karton bisa terbilang sangat mudah.  Nah, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat bunga dari kertas karton:

  1. Langkah pertama adalah siapkan terlebih dahulu kertas karton nya.
  2. Kemudian lipatlah kertas hingga menjadi bentuk segitiga
  3. Kemudian ujung kanan kertas dan kiri Anda lipat ke dalam.
  4. Lipat lagi kedua ujungnya tersebut hingga rapi.
  5. Ikuti terus langkah langkah tersebut hingga selesai.

Bagaima cukup mudah bukan membuat bunga dari kertas karton?

Membuat Bunga Dari Kertas Kue

Membuat Bunga Dari Kertas Kue

Nah, bagi kalian yang kini memilki kertas kue yang  gak dipakai. Maka Anda bisa memanfaatkan nya menjadi bunga kertas yang indah. Adapun Cara membuat bunga dari kertas kue sebagai hiasan dinding berikut ini:

  1. Pertama siapkan kertas kue dengan warna-warna yang bermacam-macam
  1. lalu sediakan juga berbagai peralatan yang mendukung, seperti selotip, gunting, pisau cutter, dan paku payung bermacam macam warna.
  2. Buat bunga dari kertas kue dengan memakai gunting dan dibuat menjadi beberapa bentuk dan warna yang berbeda.
  3. Lipat kertas kue jadi  4, 8 atau bisa lebih jadi 16 bagian. Kemudian gunting sedikit di ujung-ujung sudutnya. Boleh juga Anda membikin bentuk bunga yang cocok sesuai dengan keinginan hati Anda.
  4. Rapikan dulu dinding yang hendak diberi hiasan bunga kertas kue. Bisa singkirkan, baik lemari, meja maupun barang apa saja.
  5. Anda boleh merangkai bunga jadi berbagai warna sebelum dilekatkan di dinding menggunakan selotip.
  6. Sesudah masing masing bunga siap, baru Anda tancapkan paku payung beraneka warna tersebut pas dibagian tengah bunga dari kertas kue tadi. Kalau Anda merasa kesusahan untuk mendapatkan paku yang warna warni, maka Anda juga bisa melekatkannya dengan memakai selotip saja.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Koran

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Koran

kertas selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat bunga kertas adalah kertas koran. Mungkin Anda bisa menemukan kertas koran dengan mudah di sekitar kita.

Daripada kertas koran tidak terpakai lagi alangkah baiknya Anda manfaatkan sebagai bunga indah yang bisa Anda jadikan hiasan yang indah di kamar atau ruangan Anda.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan kertas koran untuk bunga Anda maka perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Sebelum membuatnya siapkan dahulu bahan serta alat yang dibutuhkan :

  • Koran bekas
  • Penggaris panjang
  • Pensil
  • Gunting
  • Cutter
  • Quilling needle ( jarum yang digunakan untuk membuat quilling paper)

Kemudian langkah-langkahnya adalah:

Setelah semua alat yang dibutuhkan sudah siap maka langkah pertama adalah dengan memotong koran dengan

  1. Supaya agar lebih rapi Anda bisa menggunakan penggaris.
  2. Kemudian gulunglah kertas koran dengan memakai bantuan quilling needle (atau lidi yang sudah dipotong tadi), Setelah itu renggangkan lah gulungan tersebut kurang lebih hingga berdiameter 1 cm.
  3. Lalu lipat secara mengerucut pada salah satu bagian atau sisi lingkaran hingga membentuk kelopak bunga yang indah.
  4. Buatlah kelopak yang sama dengan di susun secara melingkar hingga membentuk sebuah bunga dengan menggunakan lem sebagai perekat nya.
  5. Buatlah beberapa bunga seperti itu dan susunlah di tembok dengan merekatnya menggunakan lem.

Nah, itulah cara membuat bunga yang indah dari kertas koran. Anda bisa menjadikan bunga kertas koran tersebut sebagai hiasan dinding di kamar Anda.

Bunga Mawar dari kertas Hvs

Bunga Mawar dari kertas Hvs

Bunga mawar yang sangat indah memang selalu menghipnotis siapa pun yang memandang keindahan nya. Jadi, tak heran bilamana bunga mawar akan selalu dicari keberadaan nya. Nah, jika Anda menginginkan bunga mawar dari kertas maka simaklah cara dibawah ini:

Pertama siapkan beberapa alat yang dibutuhkan seperti :

  • kertas HVS
  • Perekat atau lem.
  • Gunting atau cutter
  • Manik manik
  • Kawat kecil

Setelah semua bahan diatas sudah siap. Maka ikuti langkah berikut di bawah ini:

  1. Pastikan bahwa setiap kertas HVS sudah diberi warna. Jika Anda belum memberikan warna maka berilah warna pada kertas HVS.
  2. kemudian berilah pola cat air pada kertas sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya gambar notasi musik atau boleh juga memakai kertas koran.
  3. Untuk awal-awal buatlah 3 buah kertas menyerupai kubus. Untuk ukurannya kira-kira dengan ukuran panjang sisi paling tidak berkisar 6 cm. Kemudian lipat lewati garis diagonal disertai sisi berpola pada bagian dalam kertas.
  4. kemudian lipatlah hingga dua kali hingga menjadi dua lipat segitiga. Potonglah sisi lebar segitiga dengan bentuk melengkung seperti ujung kelopak bunga. Kemudian gunting lah bagian lancip atau puncak piramida segitiga. Hal tersebut dilakukan supaya bisa menghasilkan lubang di bagian tengah kertas, disarankan digunting sekecil mungkin. Ulangi cara tadi di seluruh kertas bahan. Kemudian buka semua kertas kayak bunga yang rata.

Bunga dari Kertas Origami

bunga dari kertas origami

Bunga dari Kertas Bekas

bunga dari kertas bekas

Bunga dari Kertas Buffalo

bunga dari kertas buffalo

Bunga dari Kertas Krep

bunga dari kertas crape

Bunga dari Kertas Flanel

bunga dari kertas flanel

bunga dari kertas hias

bunga dari kertas hias

bunga dari kertas lipat

bunga dari kertas lipat

bunga dari kertas manila

bunga dari kertas manilabunga dari kertas manila

bunga dari kertas quilling

bunga dari kertas quilling

bunga dari kertas tisu

bunga dari kertas tisu

bunga dari kertas warna

bunga dari kertas warna

cara membuat bunga dari kertas kado

cara membuat bunga dari kertas kado

bunga dari kertas minyak

hiasan bunga dari kertas minyak

 

READ  15+ Langkah Cara membuat Paspor Online & Manual, Syarat, Prosedur, mudah

Bunga Pompom Dari Kertas Krep

Bunga Pompom Dari Kertas Krep

Bunga selanjutnya yang bisa dibuat dengan bahan kertas adalah bunga pompom. Lalu kenapa bunga ini dinamakan bunga pompom? bunga dinamai bunga pompom karena bentuknya seperti pompom yang biasa digunakan untuk pemandu sorak menyemangati suatu tim. sebelum membuat kerajinan tangan bunga ini adalah alat dan bahan. Berikut ini daftar alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Kertas kreb
  • Kawat
  • Gunting
  • Tali

Langkah-langkah membuat bunga pom-pom dari kertas:

  1. pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong bagian tepi kertas yang masih utuh hinga berbentuk seperti kelopak bunga. Atau Anda juga bisa membuatnya menjadi berbentuk setengah lingkaran dan segitiga. Setelah dipotong bagian pinggirnya, kemudian lebarkan kertas krep nya dan lipatlah dengan sisi-sisi yang bergantian. Jadi, setelah melipat kertas krep kedalam, lipatan selanjutnya adalah keluar.
  2. Setelah semua kertas krep terlipat dengan rapi, langkah selanjutnya adalah tentukan bagian tengahnya.  Ikatlah bagian tengah kertas krep dengan menggunakan kawat. Lilitkan kawat tersebut dengan perlahan.
  3. setelah kawat sudah terpasang, selanjutnya buka kertas krep menjadi berbentuk lingkaran.
  4. Setelah kertas tadi berbentuk lingkaran yang bergelombang, selanjutnya adalah membuat kelopak bunga pompom nya. Caranya sangat mudah sekali. Yakni Anda tinggal menarik satu persatu kertas krep kea arah atas hingga jadi sebuah kelopak bunga. Tapi ingat! buatlah menjadi dua bagian, supaya bunga pompom nya bisa berbentuk seperti bola bulat. Setelah berhasil melewati pembuatan kelopak maka tinggal memberikan tali untuk memanjang bunga pompom. Anda tinggal memasangkan tali kawat yang sudah dilebihkan tadi

Cara Membuat Bunga Mawar Dari Kertas Tisu

Cara Membuat Bunga Mawar Dari Kertas Tisu

 

Tentu Anda bisa mendapatkan kertas tisu dengan mudah. Mengingat kertas tisu bisa kita beli di toko terdekat sekitar kita. Nah, kertas tisu bisa kita manfaatkan menjadi sebuah bunga kertas yang sangat indah. Penasaran kan? yuk simak cara membuat bunga kertas dari kertas tisu.

Langkah-langkah membuat bunga dari kertas tisu:

  1. Pertama, gulunglah kertas tisu sedikit saja mungkin  sekitar 3-5 mm saja. Jangan terlalu banyak karena bisa membuat  bunga kertas tadi menjadi ketebalan.
  2. Setelah gulungan kecil sudah selesai, maka tahap selanjutnya adalah membentuk batang dari bunga mawarnya. Caranya juga hampir sama. yaitu gulung tisu dari bagian bawah.
  3. Dan untuk daun nya ambil dari bagian luar tisu hingga berbentuk daun.
  4. Setelah semua langkah selesai dilakukan, rapikan bunga mawarnya tadi hingga seperti bunga mawar asli.

Manfaat Membuat Bunga Dari Bahan Kertas

Kertas, mungkin hidup kita tidak terlepas dari peran sebuah kertas. Kertas yang tidak terpakai memang tak jarang menghasilkan limbah yang banyak. Nah, pengolahan kerajinan bahan kertas berguna untuk mengurangi jumlah limbah kertas yang ada di masyarakat yang biasanya menjadi sumber penyakit.

Sehingga dengan memanfaatkan kertas menjadi barang yang lebih berguna maka juga mengurangi resiko terkena penyakit bagi masyrakat. Maka nya jika Anda memiliki limbah sampah yang sudah tidak terpakai lagi maka akan lebih baik jika Anda memanfaatkannya menjadi sebuah barang yang sangat bermanfaat seperti hiasan-hiasan rumah yang indah.

Selain itu, hasil pengolahan juga dapat dijadikan suatu hiasan dinding sehingga sampah yang sebelumnya tidak memiliki nilai manfaat berubah menjadi benda yang memberi keindahan tersendiri.

Kerajinan Bunga Kertas  

Nah, pembuatan bunga dari kertas memang memberikan manfaat dan dampak postifi. Di dalam nya terkandung nilai ekonomi, sosial, dan budaya pada kerajinan kertas.

  1. Nilai Ekonomi

Pengolahan sampah menjadi suatu produk yang bernilai guna seperti bunga kertas dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.  Karena produk pengolahan bunga kertas merupakan suatu barang yang tak jarang memilki nilai jual yang tinggi. Dengan adanya kepedulian masyarakat terhadap pengolahan sampah kertas tentunya juga akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

  1. Nilai Sosial

Kegiatan pengolahan limbah kertas akan meningkatkan kreativitas masyarakat terhadap apa saja yang ada di sekitarnya ter khusus nya pada sampah kertas. Selain itu, kegiatan pengolahan kertas bekas yang sudah tidak dipakai biasanya dilakukan dalam suatu wadah atau kelompok-kelompok kecil yang dibentuk masyarakat sehingga masyarakat . Sehingga hal tersebut bisa meningkatkan solidaritas masyarakat.

  1. Nilai Budaya

Kegiatan pengolahan sampah kertas juga dapat mengembangkan atau memunculkan suatu budaya yakni budaya peduli  terhadap lingkungan dengan membuat produk berguna dari kertas-kertas bekas menjadi suatu hiasan yang berguna dan bermanfaat.

Nah, itulah tadi bagaimana cara membuat bunga dari kertas yang bisa Anda coba di rumah dengan mudah.

Perkenalkan Nama: Muhammad Arifin Saddoen, TTL : Pangkalpinang, 19 Desember 1991, Pendidikan : S2 UIN Maliki Malang, Hobi : Membaca, Travelling, Visi dan Misi : Saya ingin membangun Indonesia lebih baik lagi khususnya dalam hal informasi dan komunikasi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.