Pasar Persaingan Sempurna, Ciri Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

Pengertian pasar persaingan sempurna ialah pasar dengan jumlah penjualan dan pembelinya sangat banyak dengan berbagai varian macam produk yang ditawarkan namun memiliki jenis yang sama dan serupa. Pada pasar persaingan yang sempurna ini, masing-masing dari penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga sehingga hal ini menyebabkan harga pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan serta interaksi antara penawaran dan permintaan.

Dalam hal ini pula, penawaran yang terjadi dapat dikatakan mencerminkan keinginan para konsumen sedangkan untuk permintaan terbentuk dari keinginan konsumen sendiri. Struktur dalam pasar persaingan tersebut dapat dikatakan paling sempurna dan akan terjadi sebuah jaminan jika dalam menjalankan proses produksi barang serta jasa menjadi lebih efisien dibandingkan pasar persaingan jenis lainnya.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

ciri ciri pasar persaingan sempurna
www.jurnal.id

Pada umumnya, telah banyak begitu banyak pasar persaingan sempurna yang tersebar di seluruh Indonesia. Pasar persaingan sempurna di Indonesia juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama. Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna tersebut, adalah sebagai berikut:

  • Setiap produsen memiliki kebebasan

Dalam pasar persaingan sempurna, setiap produsen masing-masing dalam pasar ini memiliki kebebasan untuk masuk maupun keluar dari pasar tersebut. Hal ini menyebabkan setiap produsen atau pemilik  perusahaan tidak memiliki keterikatan dengan berbagai aturan perjanjian secara khusus dan tidak akan merasa terhambat untuk melakukan segala kegiatan dalam pasar persaingan.

  • Adanya banyak penjual dan pembeli

Kendati adanya banyak penjual dan pembeli tidak membuat masing-masingnya tidak akan terpengaruh keadaan pasar. Adanya interaksi antar pihak penjual dan pembeli pun hanya sebagai bentuk dari pengikut harga. Karena mekanisme pasar persaingan sendiri yang menentukan harga melalui suatu interaksi antara bentuk kekuatan dari permintaan disertai dengan penawaran barang atau jasa.

  • Para Penjual dan Pembeli Sudah Memiliki Pengetahuan

Dalam pasar persaingan sempurna, para penjual dan pembeli sudah memiliki pengetahuan yang sempurna terkait dengan kondisi pasar mengenai tingkat harga yang berlaku, termasuk berbagai perubahan di dalamnya. Sehingga hal tersebut juga akan mempengaruhi kondisi dimana baik produsen maupun konsumen tidak bisa menjual  dan membeli produk lebih atau kurang dari harga pasar yang sudah ditentukan.

  • Barang atau jasa yang diperjualbelikan ada dalam bentuk homogen
READ  Sejarah Uang, Definisi, Syarat, Fungsi, Nilai, Jenis, Dan Teorinya

Barang maupun jasa yang ada pada pasar persaingan ini berbentuk homogen atau sama. Sehingga ketika konsumen membeli suatu barang dan perusahaan tertentu memiliki jumlah dan harga yang sama pula dengan perusahaan yang lainnya.

Konsumen pun bisa memilih mana produk yang ingin dibeli sesuai kehendaknya masing-masing. Hal tersebut juga karena tidak ada keunggulan secara khusus yang bisa ditonjolkan oleh salah satu perusahaan saja yang bergabung.

  • Perpindahan Sumber Ekonomi yang Cukup Sempurna

Dalam pasar ini, perpindahan sumber ekonomi nya pun dibilang cukup sempurna. Tidak ada kesulitan meskipun faktor-faktor produksi harus dipindahkan ke tempat lainnya. Semua tempat produksi pada dasarnya memiliki kesamaan, baik dalam metode sampai proses distributor dan penjualannya pada konsumen.

Sehingga dalam pasar persaingan sempurna, kesuksesan transaksi bisa didapatkan dari manapun dan kapanpun. Asalkan anda mempunyai strategi yang tepat dan lebih matang.

Pasar persaingan ini memang dapat dikatakan sangatlah sempurna. Namun kendati demikian pasar ini tentu juga masih memiliki kelebihan dan kekurangannya. Terutama, bisa dikatakan pasar persaingan ini sebenarnya cuma atau hanya mendekati kata sempurna.

Karena pada pasar persaingan ini berbagai alasan yang ada di lapangan juga ikut dalam mempengaruhi banyak hal, khususnya dalam proses perkembangan pasar itu sendiri.

Tips sebelum Anda akan bergabung dengan pasar ini, tentu sangat harus Anda pahami terlebih dahulu apa saja kekurangan maupun kelebihan yang anda dapat dari pasar persaingan tersebut. Maka dari itu, berikut baik kekurangan dan kelebihan yang mungkin akan anda dapatkan:

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

kelebihan pasar persaingan sempurna
salamadian.com
  • Tidak ada kekuasaan di pasar persaingan sempurna

Hampir seluruh kualitas barang yang dijual dan dibeli dari pasar persaingan ini adalah sama dari masing-masing penjual sehingga tidak ada kekuasaan di pasar persaingan sempurna ini. Jika penjual yang tidak memiliki kekuasaan, berbeda dengan pembeli yang memilki kebebasannya sendiri untuk memilih barang mana yang diinginkanya.

Harga barang maupun jasa yang ada di pasaran pun cenderung stabil dan tetap karena jumlahny ayang banyak. Ini juga berdampak pada penjual yang tidak bisa meningkatkan harga tersebut.

  • Dapat mengoptimalkan efiensi
READ  Pasar Monopoli, Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Dan Contohnya

Semua tingkat produksi menggunakan biaya paling kecil atau minimal dan kesluruhan haruslah memproduksi barang dengan biaya teredah sehingga dapat mengoptimalkan efiensi berupa efiensi produktif. Selain efiensi produktif, juga ada efiensi alokatif yang dikatakan capaian tingkat paling maksimal jika harga masing-masing barang sama dengan biaya marjinal dalam produksi barang tersebut.

  • Terhindar dari pemusatan kekuasaan

Karenan semua sudah disamaratakan sehingga orang-orang yang berada dalam pasar persaiangan sempurna ini akan terhindar dari pemusatan kekuasaan maupun dari permainan harga yang dilakukan oleh golongan orang tertentu.

  • Meminimalisasi biaya untuk iklan atau promosi

Di pasar persaingan sempuna, kita dapat meminimalisasi atau menekan sedemikian biaya untuk iklan dan promosi. Hal tersebut karena produk yang dihasilkan kurang lebih memiliki kualitas yang sama. Sehingga memungkinkan setiap jenis barang biasanya juga akan sulit dibedakan satu sama lain.

  • Informasi pasar yang sudah jelas

Kelebihan lainnya adalah informasi pasar yang sudah jelas dan dipahami baik oeh penjual maupun pembeli akan meminimalisir adanya praktik kecurangan yang dapat dilakukan oleh pihak tertentu. Segala prosedur dan aturan yang ada menjadi hal umum dan dilakukan dengan tepat oleh penjual dan pembeli saat transaksi berlangsung.

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

kekurangan pasar persaingan sempurna
salamadian.com
  • Tidak ada variasi barang atau jasa

Dikarenakan dalam pasar ini hampir seluruhnya barang memiliki kualitas yng sama maka tidak ada variasi. Hal ini menyebabkan konsumen tidak dapat memilih varian produk. Sedangkan untuk para produsen juga kan menimbulkan konflik keadilan karena ada pendapatan sampai biaya distribusi yang tidak merata.

  • Minimnya inovasi

Karena semua produk yang dijual sama maka inovasinya pun sangat minim. Kondisi ini menyebabkan penjual tidak memiliki motivasi dalam mengembangkan usahanya melalui inovasi yang dapat dilakukan.

  • Efiensi yang tinggi

Usaha efisiensi yang diterapkan dalam pasar persaingan ini terlalu tinggi sehingga berdampak terjadinya kondisi sosial yang buruk dalam pasar tersebut.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

contoh pasar persaingan sempurna
simplenews05.blogspot.com

Salah satu jenis pasar yang hampir atau paling mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempuna adalah pasar dengan barang komoditi makanan pokok masyarakat yang dijual. Sebagai contoh adalah pasar yang menjual beras dimana sudah jelas terlihat hubungan antara penjual dan pembeli. Namun pasar tersebut dapat dikatakan sempurna, jika pasar beras tersebut memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Penjual maupun pembeli dari beras tersebut tidak dapat menentukan dan mematok harga karena harus mengikuti harga pasaran beras yang sudah ditentukan oleh pihak yang bersangkutan.
  2. Tawar-menawar yang terjadi saat proses transaksi menentukan harga pasar untuk beras.
  3. Pasar komiditi tersebut adalah pasar yang relatif homogen. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada tetap beberapa jenis beras yang berbeda yang ditawarkan dengan sedikit harga yang berbeda pada masing-masing jenisnya.
  4. Pada pasar komiditi beras tersebut  untuk penjual atau produsen beras dan pembeli atau konsumennya pun sama-sama dalam jumlah yang banyak.

Kenyataannya dalam pasar beras ini sebenarnya masih ada campur tangan opemerintah dan bulog meskipun sedikit. Sehingga untu pasar ini paling mendekati pasar persaingan sempurna. Berapapun jumlah barang atau produk yang dijual tetap tidak akan mempengaruhi sebuah harga. Dalam janga waktu pendek, kurva yang terbentuk vertikal karena harga sudah ditentukan pasar.

Lainnya dalam jangka waktu panjang harganya akan naik dan turun tergantung permintaan komoditi di masyarakat serta beberapa faktor lainnya. Dalam jangka panjang pula akan diberlakukan hukum supply dan demman dimana penawaran naik maka permintaan turun dan harga mengikutinya juga berlaku sebaliknya.

Hal tersebut merupakan hal umum dan memang sudah biasa terjadi dalam perekonomian berskala global. Sejatinya pasar persaingan sempurna ini dapat dikatakan sempurna secara teori saja. Kenyataannya dalam praktik nya, pasar persaingan sempurna ini tentunya masih mendapati berbagai kendala, baik kekurangan dan kondisi tidak sempurna lainnya. Namun jika dimanfaatkan sedemikian baik dan memaksimalkan keuntungannya dapat dipastikan anda pun akan merasakan keuntungan secara optimal.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.