Letak Geografis Indonesia : Faktor Pendukung beserta Dampaknya

Letak Geografis Indonesia – Indonesia memiliki posisi geografis yang sangat strategis, karena terletak diantara 2 benua dan 2 samudra. Selain itu, Indonesia juga berada di kawasan Asia Tenggara. Indonesia termasuk Negara yang luas, hal ini terbukti bahwa indonesia terdiri dari 5 pulau besar dan puluhan ribu pulau lainnya.

5 pulau besar yang terdapat di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, Jawa, Papua dan Sulawesi. Meskipun letak geografis Indonesia dibilang strategis, tentu saja tak lepas dari beberapa dampak. Letak geografis Indonesia ini memiliki dampak negatif dan juga dampak positif. Selain itu, Indonesia juga termasuk Negara maritim.

Dengan kata lain, sebagian besar wilayah Indonesia didominasi perairan. Letak geografis indonesia ini juga berada di perbatasan beberapa Negara seperti Negara Malaysia, Singapura dan Filiphina dan perbatasan yang ada di selatan yaitu Negara Australia.

Disebelah timur Indonesia berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan pada bagian barat berbatasan dengan Samudera Hindia. Nah, bagi kamu yang ingin belajar lebih jauh mengenai letak geografis Indonesia, jangan beralih dulu. Karena berikut ini akan di ulas lebih lengkapnya.

Faktor Pendukung Letak Geografis Indonesia

faktor pendukung letak geografis indonesia
Faktor Pendukung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa letak geografis indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Yang mana beberapa faktor ini bisa menimbulkan dampak yang positif dan juga negatif. Bagi masyarakat Indonesia, tentu saja kita harus mengetahui faktor pendukung letak geografis Indonesia.

Bahkan, ketika masih di bangku sekolah, kita mendapatkan pelajaran ini. Nah, agar apa yang kita dapatkan di sekolah tidak terlupakan, mari kita baca lagi ulasannya berikut ini.

  • Letak Astronomis

Bagi yang baru lulus dari bangku sekolah, pastinya masih belum lupa apa itu letak astronomis. Namun, bagi yang sudah lama lulus, pasti kebanyakan yang lupa. Sebenarnya, letak astronomis yaitu suatu Negara yang letaknya bisa dilihat melalui garis bujur dan garis lintangnya.

Untuk mengetahui letak astronomis ini, kamu bisa melihatnya di peta atau bola dunia. Letak Indonesia yaitu diantara 6°LU-11°LS dan95°BT-141°BT. Pulau We, pulau Roti, ujung utara pulau Sumatera dan pulau Merauke merupakan beberapa wilayah di indonesia yang berada tepat di titik koordinat tersebut.

READ  Letak Astronomis Indonesia beserta Pengaruh dan Penjelasannya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa letak astronomis indonesia bisa memberikan beberapa dampak, baik itu negatif atau positif. Dampak yang ditimbulkan dari letak geografis ini yaitu tingkat kelembaban Indonesia lebih tinggi.

Selain itu, Indonesia memiliki pembagian tiga waktu seperti Waktu Indonesia bagian Barat, Waktu Indonesia bagian Tengah dan Waktu Indonesia bagian Timur. Selain itu, dampak yang ditimbulkan dari letak astronomis Indonesia yaitu memiliki ekosistem hutan hujan tropis yang sangat tinggi serta mendapatkan sinar matahari lebih banyak dan lebih lama.

  • Letak Fisiologis

Letak geografis Indonesia tidak hanya dipengaruhi oleh letak astronomis saja, namun dipengaruhi juga oleh letak fisiologis. Apa itu letak fisiologis? Letak fisiologis adalah letak Indonesia yang bisa dilihat dari segi fisiknya yaitu garis lintang dan garis bujur.

Selain itu, letak fisiologis Indonesia bisa dilihat melalui jenis batuan yang ada, relief permukaan bumi dan lautnya. Letak fisiologis adalah gabungan dari letak geografis, geologis dan astronomis. Terutama lautan yang mengelilingi Indonesia cukup besar. Yang mana hal ini menjadi batas dari zona laut.

Pada Indonesia bagian Selatan, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pada Indonesia bagian Utara berhadapan langsung dengan laut Cina Selatan. Sedangkan untuk bagian Indonesia Timur berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik.

  • Letak Geologis

Selain di letak geografi dipengaruhi oleh letak astronomis dan letak fisiologis. Letak geologis merupakan letak suatu wilayah Indonesia yang dilihat melalui kondisi batuan di permukaan bumi.

Indonesia terletak pada tiga lempeng dunia yaitu lempeng Pasifik, lempeng Australian dan lempeng Eurasia. Dengan letak geologis Indonesia yang seperti ini, ada beberapa dampak negatif yang disebabkan seperti sering terjadi gempa dan gunung meletus. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, indonesia memiliki beberapa gunung yang termasuk gunung api aktif.

  • Sosial Budaya

Terakhir, letak geografis yang dipengaruhi oleh sosial budaya di Indonesia. Yang mana faktor ini mempengaruhi hubungan yang sangat baik dengan negara lain.

Dampak Positif dan Negatif Letak Geografis Indonesia

dampak positif dan negatif letak geografis indonesia
Dampak Positif dan Negatif 

Pada ulasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa letak geografis Indonesia memiliki beberapa dampak, baik itu dampak positif atau dampak negatif. Beberapa dampak seperti iklim, politik, cuaca, pariwisata, ekonomi dan sosial budaya. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai beberapa dampak positif dan dampak negatif dari letak geografis Indonesia, berikut ini ulasan lengkapnya:

  • Pembagian Musim

Letak geografis Indonesia ini berdampak pada musim yang terbagi menjadi dua yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Hal ini dikarenakan letak Indonesia diampit oleh dua samudera. Sehingga, setiap setengah tahun sekali angin muson bertiup serta berganti arah.

READ  Pengertian Geografi : Ruang Lingkup, Objek serta Cabangnya

Lebih jelasnya, angin bertiup dari barat daya pada bulan Oktober-April. Ketika hal tersebut terjadi, bisa menyebabkan musim penghujan. Sedangkan, angin yang bertiup dari timur laut terjadi pada bulan April-Oktober. Ketika hal tersebut terjadi, bisa menyebabkan terjadinya musim kemarau.

  • Kondisi Iklim Di Indonesia

Dampak kedua yang disebabkan karena letak geografis Indonesia yaitu kondisi iklim yang terdiri dari tiga iklim. Karena letak Indonesia berada di antara 2 samudera dengan berbagai iklim seperti iklim musim (muson), iklim tropis (panas) dan iklim laut.

Kondisi iklim yang ada di Indonesia ini juga disebabkan karena wilayah Indonesia yang berbentuk pulau, sehingga bisa menyebabkan terjadi hujan yang lebih sering. Dari ketiga iklim tersebut, tentu saja ada penyebabnya yaitu karena adanya pengaruh angin musim atau muson yang bertiup.

Kedua angin tersebutlah yang menyebabkan terjadinya perubahan musim penghujan dan kemarau. Untuk iklim tropis ini menyebabkan udara yang di Indonesia lebih panas, karena mendapatkan cahaya matahari lebih lama dan lebih banyak. Sedangkan untuk iklim laut ini dipengaruhi oleh letak indonesia yang dikelilingi oleh samudera dan laut.

  • Hubungan Politik Indonesia

Tahukah Anda bahwa hubungan politik di Indonesia juga disebabkan karena letak geografis. Hubungan politik di Indonesia yang paling banyak diketahui orang yaitu bergabung dalam organisasi ASEAN. Bergabungnya dengan organisasi ini, Indonesia memiliki hubungan politik yang sangat baik dengan Negara lain.

Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki akses yang mudah dengan Negara-negara yang ada di ASEAN.

  • Aspek Sosial Budaya

Dampak lain yang disebabkan karena letak geografis yaitu aspek sosial budaya. Hal ini dikarenakan letak Indonesia yang berada di antara 2 benua. Sehingga tak heran jika Indonesia lebih mudah dimasuki oleh budaya-budaya asing. Bahkan, budaya-budaya ini mulai berkembang di Indonesia.

READ  19 Jenis Tanah, Ciri Ciri, Persebaran, Cara Merawat, Beserta Gambar dan Penjelasan

Adapun budaya tersebut seperti cara berpakaian, tarian, alat music, film dan lain sebagainya.

  • Kondisi Ekonomi Indonesia

Kondisi geografis Indonesia juga sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonominya. Dengan letak Indonesia yang sangat strategis, tak heran jika Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Dengan kata lain, letak indonesia berada di persilangan lalu lintas yang ramai, sehingga keadaan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

  • Bidang Komunikasi

Letak geografis Indonesia juga sangat berperan penting pada bidang komunikasi. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, Indonesia berada di jalur internasional. Sehingga, masyarakat dituntut untuk fasih berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Dampak positif dari letak geografis khususnya dalam bidang komunikasi yaitu, Indonesia lebih kaya akan bahasa. Namun, dampak negatifnya yaitu budaya lokal mulai tersingkir. Sehingga, budaya lokal bukan lagi menjadi prioritas utama.

  • Pariwisata Di Indonesia

Letak indonesia yang sangat strategis ini, Indonesia menjadi Negara yang memiliki tempat Wisata yang lebih banyak dan indah. Apalagi dengan adanya iklim tropis, dekat laut serta cuaca yang cerah. Sehingga mendukung untuk perkembangan dalam sektor pariwisata.

  • Keanekaragaman Alam

Letak geografis Indonesia tidak melulu memberikan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu memiliki alam yang beranekaragam. Keanekaragaman Indonesia ini ini sudah diketahui oleh penjuru dunia. Dengan adanya keanekaragaman alam ini, indonesia menjadi daya tarik dunia Internasional.

Hal ini dikarenakan indonesia memiliki bentangan alam dan lautan yang memukau.

  • Kekayaan Sumber Daya Tambang

Indonesia tidak hanya berada di antara 2 benua dan 2 samudera. Indonesia juga berada di lipatan muda, sehingga wilayah Indonesia memiliki sumber daya tambang yang melimpah, baik SDA atau SDM. Baik itu tambang minyak bumi, gas dan lain sebagainya.

Dengan apa yang dimiliki, Indonesia termasuk Negara yang kaya. Mulai dari beragamnya suku hingga kekayaan alamnya. Jika membandingkan antara dampak positif dan dampak negatif dari letak geografis ini, dampak positifnya yang lebih banyak. dampak positif ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia, namun untuk dunia internasional.

Itulah ulasan lengkap mengenai letak geografis Indonesia yang perlu diketahui. Sebagai warga Indonesia, tentu saja kita harus mengetahui apapun yang berhubungan dengan Indonesia, seperti halnya letak geografis ini. Berbanggalah menjadi warga Indonesia, karena kekayaan alam yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.