Gejala Sosial : Pengertian, Jenis, Dampak, Faktor Penyebab dan Contoh

Pengertian Gejala Sosial – Perbincangan tentang gejala sosial telah beredar di masyarakat luas, namun tahukah Anda apa sebenarnya gejala sosial itu? Untuk selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Contents

Pengertian Gejala Sosial

pengertian gejala sosial
Pengertian Gejala Sosial

Pengertian gejala sosial adalah fenomena yang ditandai dengan munculnya suatu permasalahan sosial, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi atau bahkan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu pada lingkungan kehidupannya.

Gejala sosial atau disebut juga dengan Social Symptom, serta masalah sosial adalah dua saling terkait. Dimana, bila terjadi gejala secara terus-menerus, maka bisa menimbulkan potensi masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Nah, potensi masalah itu tentu akan membuat terjadinya perubahan sosial, sehingga timbullah baik dampak positif atau negatif.

Dengan demikian, sebelum gejala sosial memberikan dampak buruk, tentu harus ada antisipasi untuk menghadapinya. Nah, untuk bagaimana cara mengantisipasinya, pastikan Anda baca artikel ini hingga selesai.

Faktor Penyebab Gejala Sosial

faktor penyebab gejala sosial
sosiologis.com

Social symptom atau gejala sosial yang terjadi di masyarakat, tentu tak terjadi dengan begitu saja. Artinya semua itu timbul akibat adanya sesuatu atau yang disebut sebagai penyebab. Nah, adapun penyebab terjadinya yakni:

Faktor Kultural

Ya, salah satu faktor penyebab munculnya gejala sosial dikaitkan dengan budaya atau faktor kultural. Dimana faktor tersebut sendiri berasal dari nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam komunitas atau lingkungan masyarakat.

Dengan hal demikianlah, yang kemudian akan membentuk pola pikir setiap orang yang terdapat dalam lingkup tersebut.

Adapun beberapa contoh gejala sosial atau social symptom yang disebabkan karena faktor kultural ialah;

  • Gotong royong
  • Kerja bakti
  • Perilaku menyimpang

Faktor Struktural

Sedangkan faktor struktural merupakan suatu keadaan yang menyebabkan timbulnya pengaruh terhadap struktur.

Dimana yang dimaksud struktur disini ialah sesuatu yang disusun secara pola tertentu.

Sehingga faktor ini bisa diketahui secara jelas dengan pola-pola hubungan yang terjadi antar manusia dengan kelompok yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.

Adapun contoh social symptom yang dipengaruhi oleh faktor struktural, yakni:

  • Penyuluhan sosial
  • Interaksi antara individu dengan individu
  • Interaksi antara kelompok dengan kelompok lain
  • Interaksi antara individu dengan kelompok.

Jenis-Jenis Gejala Sosial

jenis jenis gejala sosial
yuksinau.id

Secara umum, social symptom atau gejala sosial terjadi dalam segala bidang kehidupan masyarakat. Meski demikian, terdapat beberapa jenis yang sering muncul yakni:

Gejala Ekonomi

Salah satu gejala sosial yang sering terlihat dalam lingkungan masyarakat ialah status sosial. Dimana ketimpangan penghasilan dalam tiap anggota masyarakat akan menyebabkan perbedaan strata atau status sosial.

Nah, karena setiap orang memiliki tingkat kesejahteraan ekonomi yang berbeda, maka akan menyebabkan timbulnya gejala sosial.

Adapun contoh social symptom dalam bidang ekonomi yakni:

  • Pengangguran
  • Kemiskinan
  • Masalah kesehatan
  • Masalah kependudukan.

Gejala Budaya

Indonesia disebut sebagai masyarakat yang majemuk, yang artinya terjadi atas berbagai kebudayaan. Nah, perbedaan yang terjadi antar kebudayaan dan suku inilah yang bisa menjadi bibit perpecahan karena kurangnya saling menghormati.

Disisi lain, dengan perbedaan kebudayaan lokal yang ada dan dibarengi dengan globalisasi asing yang masuk ke Indonesia, menyebabkan gejala sosial semakin parah.

Jika masyarakat Indonesia yang bisa menyaring mana yang perlu diterima dan mana yang tak perlu diterima, maka bisa memberikan dampak buruk bagi kebudayaan, misalnya gaya hidup, gaya berpakaian, ideologi serta lainnya.

Gejala Lingkungan Alam

Alam pun mampu menyebabkan munculnya gejala sosial. Namun ini kembali lagi ke bagaimana masyarakatnya mengolah alam yang ada. Ya, dengan kondisi alam yang berbeda, maka akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi manusia itu sendiri.

Alam bisa bersahabat apabila diperlakukan secara baik, dan sebaliknya alam pun bisa melakukan hal buruk untuk manusia jika dirusak.

Sebagai contoh, kebiasaan membuang sampah sembarangan yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan, imbasnya adalah muncul bibit penyakit yang akan menyerang manusia.

Lebih dari itu, membuang sampah secara sembarangan di sungai akan menyebabkan banjir ketika musim hujan.

Gejala Psikologis

Bahkan, aspek psikologi seseorang pun bisa menyebabkan gejala sosial. Ya, ketika seseorang merasa tertekan, stres, depresi atau bahkan sampai mengidap gangguan kejiwaan maka lama kelamaan akan menjadi gejala sosial dalam masyarakat.

Dampak Gejala Sosial

dampak gejala sosial
Dampak

Social symptom memang tak selalu memberikan dampak buruk, tergantung bagaimana penyebabnya. Sehingga beberapa dampak yang terjadi yakni:

  • Dampak Positif

Dengan berbagai kondisi individu yang berbeda dalam lingkungan masyarakat, tentu gejala sosial tak dapat dihindari. Namun itu semua, jika di sikapi secara bijak, pasti akan memberikan dampak positif.

Sebagai contoh, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, maka memberikan banyak manfaat untuk kehidupan. Misalnya sebagai sarana mempermudah informasi dan komunikasi, mempermudah pekerjaan, dan masih banyak lainnya.

Nah, dengan kemudahan inilah, seharusnya di sikapi dengan baik, misalnya untuk mengakses informasi yang penting seputar kondisi negara saat ini, bukan mencari informasi di akun gosip. Atau bahkan malah menggunakan akses internet dengan membuat informasi yang palsu.

  • Dampak Negatif

Untuk dampak negatifnya tentu yang paling banyak. Sebab masyarakat sekarang ini memang sulit untuk membedakan mana yang baik atau yang buruk.

Terlebih anak-anak zaman sekarang menyebut dirinya sebagai generasi Z, generasi yang telah menggunakan serba teknologi.

Namun, dengan ketidakmampuan mereka dalam beradaptasi dengan semua itu, malah akan menimbulkan perilaku yang menyimpang, baik dari norma atau nilai.

Contoh Gejala Sosial

contoh gejala sosial
Contoh

Jika mencari contoh gejala sosial, tentu bisa Anda lihat di sekitar secara jelas. Sebagai contoh berikut ini:

Perilaku Koruptif

Ya, korupsi sepertinya merupakan penyakit yang telah menjamur di Indonesia. Mulai dari kalangan elit politik, bahkan hingga ke kalangan bahwa sekalipun.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perilaku korupsi masuk ke contoh gejala sosial. Dimana seseorang yang melakukan hal ini tak sadar bahwa korupsi akan merugikan banyak orang.

Jika Anda berpikir korupsi hanyalah sekedar mengambil uang maka itu salah. Sebab beberapa bentuk dari perilaku korupsi itu sendiri yakni:

  • Terlambat masuk kerja atau sekolah
  • Bahkan sering tak masuk kerja atau sekolah
  • Pulang kerja lebih awal
  • Serta yang paling utama adalah mengambil sesuatu yang bukan haknya.

Kemiskinan

Mengapa kemiskinan termasuk ke dalam contoh gejala sosial? Hal ini karena, kemiskinan menjadi masalah yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

Namun memang, masalah kemiskinan ini tak bisa diatasi secara tuntas, karena banyak faktor yang menghalangi. Seperti tingkat pendidikan, kemampuan atau keterampilan, serta masih banyak lainnya.

Perilaku Masyarakat

Sedangkan gejala sosial yang paling banyak ditemukan dalam lingkungan masyarakat adalah perilaku dari masyarakat itu sendiri. Adapun contoh perilaku gejala sosial dalam lingkup masyarakat yakni:

  • Membuat dan menyebarkan berita hoax
  • Plagiarisme di kalangan mahasiswa
  • Jaringan pertemanan yang tertutup.

Pada dasarnya, gejala sosial merupakan hal yang biasa, namun untuk baik atau tidaknya tergantung bagaimana setiap individu menyikapinya. Jadi, milikilah antisipasi terhadap gejala sosial yang ada agar memberikan dampak yang positif.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.