9+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat & Lengkap Strukturnya | Alam, sosial, budaya

Contoh Teks Eksplanasi – Pernahkah Anda mendengar jenis teks eksplanasi?. Teks eksplanasi akan banyak dijumpai bila Anda memasuki kurikulum 2013.  Dimana teks eksplanasi dibahas pada pelajaran bahasa Indonesia pada kelas VII. Banyak yang sangat penasaran dan tertarik dengan jenis teks ekplanasi ini. Mengingat teks eksplanasi ini masih tergolong baru dan masih jarang yang tahu tentang teks ini. Selain itu, juga masih belum banyak buku referensi terkait dengan teks eksplanasi.

Padahal jenis teks ekplanasi ini sangatlah menarik apabila dikupas lebih mendalam. Oleh karena itu, bagi mahasiswa ataupun pelajar yang ingin mengupas lebih dalam mengenai teks eksplanasi ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teks eksplanasi. Nah, berikut ini ulasan terkait teks eksplanasi yang bisa Anda simak.

Pengertian Teks Eksplanasi

pengertian teks eksplanasi

Secara etimologi ekspalansi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu Eksplanation. Arti dari eksplanation ini adalah keterangan atau penjelasan. Sedangkan pengertian teks eksplanasi secara istilah yaitu suatu paragraf yang memuat informasi tentang suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” yang meliputi berbagai peristiwa. Peristiwa-peristiwa yang bisa dijadikan sebagai teks ekplanasi yaitu mengenai peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.

Di setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita pasti ada hubungan sebab akibat dan sebuah proses di dalam nya. Kita bisa mengamati dan merasakan berbagai persitiwa tersebut dengan mudah. Bahkan kita juga bisa mempelajari polanya dengan menggunakan aspek ”mengapa” dan “bagaimana” terkait terjadinya peristiwa tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

ciri ciri teks eksplanasi

Setiap jenis teks tentunya memiliki ciri-ciri sendiri. Tak terkecuali dengan teks eksplanasi. Teks eksplanasi juga memiliki ciri-ciri yang hanya dimiliki oleh teks eksplanasi itu sendiri. Ciri-ciri pada teks tertentu bisa bermanfaat untuk memudahkan dalam membedakannya. Berikut ciri-ciri yang ada pada teks eksplanasi:

  1. Memuat informasi yang sesuai dengan fakta atau nyata
  2. Fakta informasi yang melekat pada teks eksplanasi ini sifatnya ilmiah atau ilmu pengetahuan
  3. Strukturnya ada tiga macam yaitu dimulai dari pernyataan umum, sebab-akibat, hingga intrepretasi.
  4. menggunakan sequnce markers, seperti pertama, kedua, ketiga ataupun dengan pertama, berikutnya, dan berakhir.

Itulah beberapa ciri teks eksplanasi agar benar-benar bisa dikatakan demikian. Teks eksplanasi juga tidak berusaha memperngaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang dibahas di dalam teks. Akan tetapi teks eksplanasi hanyalah bersifat informatif.

Struktur Teks Eksplanasi

struktur teks eksplanasi

Setiap jenis teks tentunya memiliki sebuah struktur di dalam nya. Struktur dalam teks memang sangatlah berpengaruh terhadap teks yang akan disajikan. Tanpa adanya sebuah struktur tentu teks akan sukar untuk dipahami. Bahkan tidak akan terkondisikan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa struktur dari teks eksplanasi:

Terdiri dari pernyataan umum

Pernyataan umum yaitu memuat penjelasan mengenai suatu topik dan proses yang terbentuk dari proses terjadinya suatu peristiwa.

Sebab dan akibat

urutan pada tahap ini isinya menjelaskan mengenai suatu tahapan tentang suatu peristiwa. Sebab akibat ini disusun secara bertahap yakni berurutan daria awal hingga akhir peristiwa.

Interpretasi

Bagian ini adalah bagaian yang memberikan pernyataan terkait topok yang diuraikan dalam teks atau bisa disebut sebagai kesimpulan dari teks ekplanasi.

Bagian-Bagian Teks Eksplanasi

Dalam menyusun sebuah teks eksplanasi, pasti ada bagian-bagian yang mendukung fungsi dari teks eksplanasi itu sendiri.  Sehingga dengan adanya bagian-bagian tersebut bisa menjadi sebuah uraian yang mudah dipahami.

Berikut bagian-bagian dalam teks eksplanasi ialah :

Pembuka

Yaitu biasanya dalam bagian pembuka, si penulis menceritakan secara umum tentang apa saja dalam teks eksplanasi nya.

Isi

Isi merupakan bagian dari rentetan penjelasan fenomena yang terjadi dalam teks  eksplanasi tersebut.

Penutup

bagian penutup berisikan tentang inti dari penjelasan dalam teks eksplanasi tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

kaidah kebahasan teks eksplanasi

Pada setiap jenis teks tentunya memiliki kebahasaan yang unik. Bahkan antara kebahasaan teks satu dengan teks yang lain itu berbeda. Dengan adanya kebahasaan ini maka pembaca akan bisa dengan mudah menebak jenis teks apakah yang dibaca. Berikut beberapa kaidah kebahasaan dari teks eksplanasi:

  1. Terdapat istilah ilmiah.
  2. Pembahasannya dalam teks ekplanasi sifatnya hal yang umum. Dan  tidak mengikutsertakan partisipan tentang manusia.
  3. Penulisan teks eksplanasi dibuat sesuai dengan peristiwa yang benar-benar sesuai fakta atau kenyataan
  4. Pemakaian dalam teks eksplanasi yaitu kalimat pasif
  5. Di dalam nya terdapat konjungsi kausal dan waktu
  6. Pemakaian kata kerja lebih sering relasional dan material

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturya

contoh teks ekplanasi singkat beserta strukturnya

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah suatu guncangan yang disebabkan oleh adanya suatu pergerakan lapisan batu bumi. Getaran ini berasal dari dasar permukaan bumi. Ada daerah-daerah tertentu yang sering mengalami guncangan gempa bumi. Daerah tersebut adalah daerah gunung berapi aktif dan daerah di sepanjang lautan luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Karena adanya suatu gerakan atau pergeseran lapisan dasar bumi dan meletusnya gunung berapi yang begitu kuat, pada akhirnya menyebabkan gempa bumi. Tidak hanya itu, terjadinya gempa bumi sangatlah cepat dan efeknya sangat terasa begitu kuat terhadap lingkungan sekitar. Getaran gempa bumi yang sangat kuat dan menyebar ke semua penjuru arah, yang pada akhirnya semua bangunan menjadi rata. Bahkan kejadian tersebut bisa membawa korban jiwa. Menurut penyebab terjadinya, ada 2 jenis untuk penggolongan gempa bumi yakni gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Penyebab terjadinya gempa vulkanik adalah suatu gempa yang disebabkan gubung berapi yang memiliki ukuran besar meletus. Gempa vulkanik jarang terjadi jika dibanding dengan gempa tektonik. Sedangkan gempa tektonik adalah lunaknya lapisan kerak bumi yang bisa mengalami pergerakan maupun pergeseran.

Menurut teori tektonik plate, menerangkan bahwa ada beberapa lapisan buatan yang menjadi bagian dari bumi kita. Kebanyakan daerah yang berlapis kerak ini nantinya akan hanyut serta mengapung di suatu lapisan, sama seperti salju. Pergerakan lapisan ini begitu pelan, sehingga antara lapisan satu dengan lainnya bertabrakan dan terpecah-pecah. Hal yang demikianlah yang menjadi penyebab kenapa gempa bumi bisa terjadi.

Intrepretasi

Tanpa mengenal musim, gempa bisa terjadi di waktu kapan saja. Walaupun begitu, gempa sering terjadi di area-area tertentu saja. Misalnya saja pada perbatasan plat pacifik. Karena sebagian besar area tersebut dikelilingi gunung berapi. Maka dari itu tempat tersebut dinamakan dengan lingkaran api.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

contoh teks eksplanasi tentang bencana alam

Gunung Meletus

Pernyataan Umum :

Gunung meletus terjadi disebabkan  oleh adannya endapan magma yang berada di perut bumi. Adanya gas di dalam perut bumi menyemburkannya dengan kekuatan yang besar.  Letusan gunung berapi adalah salah satu bencana alam yang sangat besar dan luar biasa. Gunung berapi tercipta dengan letusan-letusan yang hebat. Ada banyak sekali gunung aktif di Indonesia. Dafatar gunung berapi aktif diIndonesia di antaranya adalah tinggi Gunung Krakatau, gunung Merapi, Gunung Tambora, gunung Toba, , Gunung Kerinci, dan masih terdapat banyak lagi yang lain.

Runtutan penjelasan sebab akibat

Karena terdapat hubungan secara langsung dengan batas lempeng bumi, sebagian besar aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif. Salah satu tanda yang bsia dikenali sebelum terjadi gunung meletus adalah terdapat aktivitas seperti perubahan suhu dan tekanan yang signifikan pada batas lempeng bumi.

Sehingga hal tersebut mengakibatkan berbagai material batuan di sekelilingnya itu meleleh. Pada umumnya orang-orang menyebutnya sebagai magma atau cairan pijar. Material-material yang berada di dekatnya akan di instruksi oleh magma melalui rekahan-rekahan yang mendekati permukaan bumi.

Magma atau caiaran pijar terbentuk didalam perut bumi karena didalamnya terdapat suhu yang sangat panas. Kemudian dengan adanya material-material, gas-gas tersebut dikirimkan. Sehingga gas-gas tersebut bersampur dengan magma. Pembentukan magma berada pada kedalaman sekitar 60 hingga 120 km dari  bawah permukaan bumi. Lalu disekeliling kawah terdapat sebuah magma yang mengandung gas. Dimana letak magma tersebut berada di bawah tekanan batu-batuan.

Akibat dari tekanan tersebut maka terjadilah gunung meletus yang mengekurkan magma halo. Magma tersebut mengalir keluar dari perut gunung menuju keluar permukaan bumi. Gas dan magma di waktu bersamaan meledak dan menciptakan sebuah lubang. Lubang ini biasanya disebut sebagi lubang utama. dari lubang ini biasanya banyak materi-materi vulkanik di semburkan. Ketika semburan telah selesai, pada umumnya di area puncak gung berapi terlihat seperti ada mangkok dimana sebenarnya mangkok ini adalah kawah. Selain itu  lubang utama yang telah disebutkan diatas tadi terdapat pada dasar kawah itu.

Adanya letusan gung berapi mengakibatkan efek yang positif dan negatif bagi masyarakat. Dampak positifnya adalah letusan dari gunung berapi mengakibatkan tanah menjadi subur. Selain itu, material-materia dari hasil perut bumi bisa digunakan sebagai mata pencaharian masyarakat. Biasanya digunakan sebagai  sumber daya air dan wisata alam enegri panas bumi.

Sedangkan untuk dampak positifnya adalah efek langsung maupun efek tidak langsung yang bisa dirasakan oleh semua makhluk hidup. Untuk efek langsungnya berupa marabahaya dan mengancam hidup makluk hidup karena gunung berapi yang meletus mengeluarkan gas beracun, awan panas, serta jatuhan piroklastik. Sedangkan efek tidak langsungnya seperti rusaknya area perkebunan, adanya hujan lahar, serta menimbulkan aneka macam penyakit. Misalnya saja adalah penyakit saluran pernapasan.

Interpretasi:

Maka dari itu, hingga saat ini saat salah satu bencana yang mengerikan bagi masayarakat adalah gunung meletus. kehebatan dari letusan gunung berapi juga bisa memecah pulau dan menciptakan danau.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

contoh teks ekspanasi fenomena sosial

Sampah

Pernyataan umum :

Pengertian dari sampah adalah suatu benda yang telah tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sangat mengganggu kesehatan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jenis sampah di bagi menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan sampaknon-organik. Sampak organik adalah sampah yang bisa dengan mudah terurai oleh bakteri. Misalnya saja aneka sayuran, daun yang kering, serta berbagai makanan yang sudah bekas. Manfaat yang sangat berguna dari sampak organik yaitu sebagai pupuk kompos atau pupuk bagi tumbuhan. Sedangkan untuk sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit untuk diuraikan. Misalnya saja adalah plastik, botol kaleng dan jenisnya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi keberadaan sampah organik yaitu dengan diolah atau didaur ulang. Benda-benda tersebut bisa dijadikan menajdi barang yang memiliki nilai jual yang amat tinggi.

Runtutan penjelasan sebab akibat

Sampah termasuk di antara fenomena yang  sering kali kita jumpai di sekitar lingkungan masyarakat. Awal mulanya  yaitu sampah-sampah biasa berserakan di sekeliling kita. Akan tetapi sampah itu menimbulkan dampak yang dapat dirasakan. Misalnya tanah longsor, banjir, dan sumber penyakit.

Sampah yang terus diabaikan dan menumpuk bisa menimbulkan sesuatu yang tidak enak.  Sehingga udara di sekitarnya akan tercemar dan menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis seperti muntaber dan DBD.

Bahkan sampah juga bisa menimbulkan berbagai bencana yang besar seperti bencana alam, tanah longsor dan banjir. Sampah yang dilempar ke sungai lama-kelamaan bisa membuat sungai menjadi terhambat alirannya. Dan seiring berjalannya waktu air sungai tersebut akan meluap. Hasil dari luapan air sungai ini tentunya akan menyulitkan kita dalam melaksanakan kegitaan dan segala rutinitas.

Interpretasi

Apabila kita memiliki kebiasaan membuang sampah secara sembarangan kedepannya akan banyak sekali dampak yang bisa ditimbulkan. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial dan memiliki keinginan untuk sejahtera Ayolah bersama-sama menjaga lingkungan di sekitar kita.

Diawali dengan suatu hal yang kecil, yaitu  kita membuang sampah di tempatnya. Untuk Jenis sampah organik kita bisa mengolahnya jadi kompos atau pupuk bagi Tumbuhan. Sedangkan untuk sampah non-organik kita bisa mengolahnya kembali menjadi sebuah barang kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

contoh teks eksplanasi tentang pelangi

Pelangi

pernyataan umum:

Pelangi atau dalam Bahasa Inggrisnya Rainbow adalah suatu peristiwa optik atau meterologi berwujud cahaya yang bermacam-macam warna paralel satu dengan yang lainnya di langit atau media yang lain. Ketika terjadi hujan ringan dilangit terlihat pelangi seperti bercahaya dimana cahaya tersebut menuju cakrawala. Selain itu di sekitar air terjun kita juga bisa melihat Pelangi yang indah.

Uraian penjelasan

Terciptanya pelangi di cakrawala yaitu melalui empat siklus.  Di antaranya yaitu pembiasan sinar matahari. Sebab terciptanya pelangi yaitu terjadinya pembiasan cahaya atau sinar matahari yang kemudian dibelokkan menuju arah lain dari satu medium menuju medium yang lain oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer.

Kemudian tetesan air tersebut dilewati oleh sinar matahari. Ketika tetesan air tersebut dilewati oleh cahaya matahari, maka cahaya itu akan dibiaskan sehingga dapat menciptakan warna-warna indah yang terpisah secara sendiri-sendiri.

Pembelokkan cahaya. Masing-masing dari warna pelangi tersebut akan dibelokkan dengann sudut yang berbeda. Sehingga dari pembelokan cahaya tersebut bisa menghasilkkan warna-warni yang memukau pada pelangi.

Terciptanya warna pelangi. Warna ungu merupakan warna yang pertama kali dibelokkan, sementara warna merah adalah warna yang terakhir dibelokkkan. Kemudian disusul dengan aneka warna pelangi yang lain. Seperti  warna kuning, jingga, hijau, biru dan nila. Dari fenomena tersebut makanya kita bisa mengamati warna pelangi yang lengkap dikarenakan adanya geometri optik ketika proses penguraian warna.

Disaat hujan ringan bersamaan dengan munculnya sinar matahari kita bisa melihat fenomena pelangi. Namun haruslah dari arah yang berlawanan dengan kita. Keberadaan kita harus ada di antara tetesan air dan matahari yang mana posisi matahari berada di belakang kita. Pusat busur pelangi dan mata kita harus berada pada satu gais lurus.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

contoh teks eksplanasi sosial

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi sosial.

Salah satu permasalahan nasional bangsa Indonesia sampai saat ini yang masih belum rampung adalah pengangguran. Banyak pihak-pihak dari pemerintahan berupaya mencari solusi terbaik yang efektif dan efisien. Semenjak kemerdekaan, telah berganti tambuk kekuasaan presiden dari periode ke periode. Masing-masing presiden di era pemerintahannya telah mencanangkan berbagai program dan upaya seperti mengadakan pelatihan untuk masyarakat umur produktif dan mencanangkan berbagai program usaha untuk daerah-daerah yang berpotensi. Akan tetapi, dari tahun ke tahun angka pengangguran tetap naik.

Tentunya selain persaingan global yang saat ini meningkat, ada juga beberapa faktor lainnya seperti tidak seimbangnya antara pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan jumlah pencari kerja yang tiap tahunnya selalu meningkat, belum memadainya dan meratanya SDM yang kompeten, meningkatnya jumlah PHK dan lainnya.

Apabila terus meningkat, maka akan menimbulkan berbagai dampak yang negatif. Beberapa dampak negatif tersebut adalah meningkatnya angka kriminalitas dan kemiskinan dan menyebabkan penurunan tingkat kesehatan.

Adanya pengangguran juga merupakan diantara sebab munculnya masalah-masalah yang lain. Dengan demikian, maka harus segera dicarikan solusi pemecahan yang tepat supaya bisa mengurangi berbagai dampak-dampak negatif yang telah disebutkan diatas. Beberapa langkah pemecahannya yaitu berupaya melakukan perbaikan pada sisi kualitas pendidikan dan menumbuhkan kesadaran kepada orang tua supaya mampu memberikan arahan kepada anak-anaknya dan memberikan dukungan sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Semoga beberapa cara tersebut bisa mengurangi angka pengangguran.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tanah Longsor

contoh teks eksplanasi tanah longsor

Tanah longsor adalah suatu peristiwa bencana alam yang terjadi dikarenakan pergerakan tanah atau masa batuan. Tanah longsor juga bisa dikatakan sebagai fenomena amblasnya tanah atau bebatuan dari suatu ketinggian. Adanya tanah longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicu adalah penyebab material bergerak sedangkan faktor pendorong merupakan penyebab kondisi material.

Di Indonesia, ada beberapa daerah yang sering terjadinya tanah longsor terutama daerah-daerah yang sedikit adanya pepohonan. Selain faktor alam seperti gempa bumi atau curah yang tinggi yang menyebabkan terjadinya gempa bumi di Indonesia, ulah tangan manusia juga bisa termasuk penyebab terjadinya tanah longsor.

Biasanya yang paling sering terjadinya tanah longsor yaitu pada saat berlangsungnya musim hujan. Ketika hujan sudah reda, air yang berada dalam tanah akan mengalami penguapan. Adanya proses penguapan tersebut membuat struktur dalam tanah berongga yang mana ketika hujan turun kembali, air akan masuk ke dasar lereng dan membuat gerakan lateral yang menjadi penyebab tanah longsor. Dengan demikian, alangkah baiknya masyarakat selalu waspada di saat musim hujan. Ada beberapa cara penanggulan atau pencegahan tanah longsor yang bisa kita lakukan diantaranya yaitu dengan melakukan penanaman pohon supaya akar-akar pohon bisa menahan air yang masuk ke dalam tanah.

Sama seperti bencana besar lainnya, tanah longsor juga dianggap bencana yang bisa menimbulkan banyak kerugian. Beberapa kerugian tersebut yaitu menghilangkan nyawa para korban dan menyebabkan luka-luka bagi korban yang terkena dampak. Selain menimbulkan banyak korban, tanah longsor juga membawa kerugian materiil bagi penduduk sekitar diantaranya rumah dan persawahan yang pada akhirnya tertimbun oleh reruntuhan tanah. Oleh karena itu, ketika masa-masa musim hujan, hendaknya selalu waspada dan menjauhi tempat atau daerah yang rawan akan longsor, dan juga lebih baik mengungsi ke tempat yang lebih aman apabila curah hujan cukup tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

contoh teks eksplanasi budaya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan aneka ragam budaya. Diantara produk kebudayaan yang menjadi kebanggaan adalah wayang. Wajang merupakan suatu pertunjukkan yang dimainkan oleh dalang. Bentuk dan jenis wayang pun berbeda-beda tergantung dengan daerahnya masing-masing. Jika kita bandingkan antara wayang Jawa dan wayang Bali tentunya berbeda. Selain pulau Jawa wayang juga terkenal di pulau lain seperti Sumatera dan daerah sekitarnya. Kita patut berbangga karena salah satu organisasi terkenal di dunia UNESCO pada tanggal 7 November 2003 menobatkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. atau mengakui bahwa pertunjukkan wayang merupakan produk kebudayaan yang berharga

Di indonesia ada berbagai versi wayang baik berdasarkan bentuk atau berdasarkan jalan cerita. Berdasarkan bentuknya ada wayang golek, wayang orang (diperagakan oleh manusia). wayang boneka, wayang kulit dan sebagainya. Sedangkan berdasarkan jalan ceritanya ada 2 jenis yang terkenal. Yang pertama adalah jalan cerita Mahabharata atau Ramayana. Latar belakang dibuatnya wayang ini yaitu ketika agama Hindu mulai masuk ke Indonesia. Supaya masyarakat mau menerima, maka Para penyebar agama Hindu pada saat itu berupaya menyesuaikannya dengan budaya setempat, lalu pertunjukkan wayang dipilih untuk dijadikan media yang menjembatani antara agama Hindu dengan sosial masyarakat setempat. Kemudian saat agama Islam masuk ke Indonesia, pembuatan wayang dengan menggunakan kulit sapi. Pada saat itu Wayang adalah wujud penyesuaian agama Islam dengan masyarakat.

Kemudian dengan adanya akulturasi maka wayang berkembang tidak sampai situ saja. Ketika tahun 1960, muncul gerakan menyebarkan agama Katholik di Indonesia oleh para misionaris katholik. Kemudian mereka mengembangkan jalan cerita yang disebut dengan wayang Wahyu yang mana sumber jalan ceritanya diambil dari kitab agama tersebut. Saat ini wayang merupakan hiburan masyarakat. Kadang-kadang acara rasanya kurang lengkap jika tidak ada pertunjukkan wayang di dalamnya.

Wayang sendiri memiliki filosofi yang bermakna kebaikan dan mengajak dalam kebaikan. Malah, di tiap bagian wayang, masing-masing mengandung makna dan arti. Harapan yang terdapat dalam pertunjukkan wayang, supaya pesan dan moral kebaikan bisa tertuju dan mengena pada masyarakat. Sebagai generasi muda tentunya kita harus melestarikan kebudayaan ini untuk digunakan sebagai bahan ajar dan media khususnya sekolah-sekolah.

Demikianlah uraian singkat terkait contoh teks eksplanasi. Bahkan kita sudah membahas mulai dari, ciri-ciri eksplanasi, struktur teks eksplanasi disertai contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya.  Lengkap dari contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi banjir, contoh teks eksplanasi peristiwa alam dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. Dan terimakasih.

11 thoughts on “9+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat & Lengkap Strukturnya | Alam, sosial, budaya”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.