4 Contoh Proposal Penelitian Ilmiah, Pendidikan dan Kesehatan

Contoh proposal penelitian – Proposal adalah karya ilmiah yang berisikan rancangan penelitian secara detail, meliputi teori, alasan serta metode yang digunakan. Secara umum proposal bisa dibuat oleh siapa saja, namun kebanyakan dibuat oleh para peneliti professional atau mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir.

Proposal sendiri sifatnya harus ilmiah serta objektif, dengan begitu kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan. Hampir setiap rumpuh ilmu pengetahuan wajib melalui tahap pembuatan proposal sebelum melaksanakan penelitian.

Mulai dari rumpuh pendidikan, teknik, social hingga kesehatan semua harus melalui proses pembuatan proposal terlebih dahulu. Meski begitu, secara umum hanya ada dua data hasil penelitian yakni kualitatif atau argumen serta kuantitatif atau angka. 

Contoh Proposal Penelitian Lengkap

contoh proposal penelitian lengkap
directbuy84.com

Penulisan proposal sendiri harus sesuai dengan ketentuan dan memenuhi syarat yang telah ditentukan. Sebagai gambaran, berikut adalah contoh proposal penelitian terlengkap.

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

contoh proposal penelitian ilmiah
mamikos.com

A. Judul Proposal Penelitian

Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Blitar.

B. Latar Belakang Masalah

Keberadaan game online memang mulai mempengaruhi aktivitas keseharian kalangan remaja usia sekolah. Kondisi ini dapat dibuktikan dengan kecenderungan para remaja khususnya yang berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game online.

Fakta ini jelas sangat memprihatinkan sebab seharusnya remaja usia sekolah seperti mereka banyak menghabiskan waktunya untuk aktivitas yang positif. Dalam perspektif sosiologi, seseorang yang menjadikan game online sebagai prioritas cenderung akan berkembang menjadi pribadi egosentris dan individualis.

Kedua sifat tersebut jelas sangat berbahaya bagi perkembangan individu yang bersangkutan ke depannya. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian yang dilakukan peneliti pada tanggal 1-3 Maret 2018 di Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar ditemukan beberapa permasalahan. Pertama, 55% siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar menghabiskan waktunya untuk bermain game online.

Persentase tersebut diperoleh melalui pengambilan data dengan menggunakan instrumen berupa angket. Kedua, prestasi belajar siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar masih tergolong dalam kategori rendah dimana sebagian besar siswa masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dalam mata pelajaran wajib.

Kedua permasalahan tersebut tentu dapat menghambat pencapaian tujuan kognitif, afektif dan psikomotorik dari pembelajaran. Oleh karena itu, perlu sekiranya diadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Blitar”.

C. Pembatasan Masalah

  1. Tingginya intensitas bermain game online yang dilakukan oleh siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar
  2. Rendahnya prestasi belajar sebagian besar siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar.

D. Rumusan Masalah

Adakah pengaruh aktivitas bermain game online terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI SMA N 1 Blitar?

E. Kajian Teori

Berdasarkan permasalahan yang dipilih, maka dalam proposal penelitian ini perlu dicantumkan dua teori yaitu mengenai prestasi belajar dan game online. Kajian teori mengenai prestasi belajar terdiri dari pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi dan upaya untuk meningkatkannya. Sementara itu, kajian teori mengenai game online meliputi pengertian, jenis dan dampaknya.

F. Hipotesis

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel aktivitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar.

G. Desain Penelitian

Penelitian ini berdesain ex-post facto, dimana peneliti berusaha untuk meneliti sesuatu fakta yang telah terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sehingga menghasilkan data berupa kumpulan angka.

H. Populasi dan Sampel

  1. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Blitar yang berjumlah 180 orang
  2. Sampel dalam penelitian ini akan mengambil masing-masing 30 orang dari setiap kelas untuk dijadikan sebagai subjek. Pengambilan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dimana responden dipilih oleh peneliti secara acak.

I. Instrumen Pengumpulan Data

Peneliti akan melakukan pengumpulan data dari responden dengan menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Dalam angket ini telah disusun berbagai pertanyaan mengenai variabel yang diteliti, yaitu aktivitas bermain game online dan motivasi belajar.

J. Validitas Data

READ  4 Contoh Laporan Prakerin dengan Berbagai Jurusan

Pengujian data hasil penelitian ini menggunakan empat validitas yaitu isi (content), konstruk (construct), konkuren (Concurrent) dan prediksi (predictive). Alat ukur yang akan digunakan oleh peneliti untuk menguji validitas data penelitian adalah Product Moment dari Karl Pearson.

Contoh Proposal Penelitian Pendidikan

contoh proposal penelitian pendidikan
www.rijal09.com

A. Judul Proposal

Implementasi Metode Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Banyumas.

B. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XII AP 1 dan 2 pada tanggal 1-2 Mei 2018 ditemukan beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Pertama, motivasi belajar siswa masih rendah ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Kondisi ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang melakukan aktivitas lain seperti berbicara, bercanda, bermain gadget hingga tidur.

Kedua, prestasi belajar sebagian besar siswa juga masih rendah dimana berdasar hasil nilai ulangan harian sebanyak 55% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Ketiga, sumber belajar yang digunakan oleh guru dan siswa belum memadai karena tidak adanya bahan ajar untuk kurikulum 2013 edisi revisi.

Keempat, strategi dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran belum bervariasi. Dalam kegiatan pembelajaran, guru masih menggunakan strategi yang monoton, yaitu ekspositori dan metode ceramah serta penugasan. Padahal setiap materi pelajaran tentu membutuhkan penerapan strategi yang bervariasi karena tujuan pembelajarannya juga berbeda.

Berdasarkan kelima permasalahan tersebut, perlu sekiranya dilakukan penelitian mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru. Adapun judul penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu “Implementasi Metode Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Banyumas”.

C. Pembatasan Masalah

Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran belum bervariasi.

D. Rumusan Masalah

Bagaimana implementasi strategi dan metode pembelajaran oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Purwokerto?

E. Kajian Teori

Berdasarkan tema penelitian yang diambil, maka terdapat tiga kajian teori utama. Pertama, teori mengenai strategi pembelajaran meliputi pengertian, komponen, jenis, perencanaan serta pelaksanaannya.

Kedua, teori tentang metode pembelajaran yang terdiri dari pengertian, jenis dan perencanaannya.
Ketiga, teori yang membahas mengenai guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran mulai dari pengertian, kompetensi, keterampilan mengajar dan perannya dalam kegiatan pembelajaran.

F. Desain Penelitian

Penelitian ini berdesain deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif sehingga data yang dihasilkan adalah berupa kata dan kalimat.

G. Informan Penelitian

Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa Kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Purwokerto tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan subjek penelitian berupa guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran menggunakan teknik purposive sampling. Sementara itu, khusus untuk siswa Kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran menggunakan teknik snowball sampling.

H. Instrumen Pengumpulan Data

Penelitian ini berdesain deskriptif dengan pendekatan kualitatif, maka instrumen yang dapat digunakan ialah berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.

I. Teknik Analisis Data

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data interaktif. Teknik ini terdiri dari tiga tahap kegiatan yang harus ditempuh oleh peneliti, yaitu penyajian, reduksi dan penarikan kesimpulan dari data.

J. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data

Data hasil penelitian yang telah terkumpul perlu diperiksa keabsahan datanya. Adapun teknik pemeriksaan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan sumber. Triangulasi metode dapat dilakukan peneliti dengan membandingkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, triangulasi sumber dapat dilakukan dengan membandingkan data wawancara informan guru A dengan B.

Contoh Proposal Penelitian Kesehatan

contoh proposal penelitian kesehatan
www.karyatulisku.com

A. Judul Proposal Penelitian

Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Kesehatan Mata Siswa Kelas XI SMA N 1 Pacitan.

B. Latar Belakang Masalah

Keberadaan game online memang mulai mempengaruhi aktivitas keseharian kalangan remaja usia sekolah. Kondisi ini dapat dibuktikan dengan kecenderungan para remaja khususnya yang berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game online.

Fakta ini jelas sangat memprihatinkan sebab seharusnya remaja usia sekolah seperti mereka banyak menghabiskan waktunya untuk aktivitas yang positif. Dalam perspektif sosiologi, seseorang yang menjadikan game online sebagai prioritas cenderung akan berkembang menjadi pribadi egosentris dan individualis.

Kedua sifat tersebut jelas sangat berbahaya bagi perkembangan individu yang bersangkutan ke depannya. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian yang dilakukan peneliti pada tanggal 22-24 Juni 2018 di Kelas XI A-C SMA N 1 Pacitan ditemukan beberapa permasalahan. Diantaranya adalah 65% siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Pacitan menghabiskan waktunya untuk bermain game online.

Persentase tersebut diperoleh melalui pengambilan data dengan menggunakan instrumen berupa angket. Fakta tersebut jelas sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan mata para siswa dalam jangka panjang. Seperti diketahui bahwa layar gadget sendiri menghasilkan pancaran sinar yang dapat membahayakan kesehatan mata.

Permasalahan tersebut tentu dapat mempengaruhi kesehatan mata para siswa dan akhirnya menghambat rutinitas keseharian mereka. Oleh karena itu, perlu sekiranya diadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online Terhadap Kesehatan Mata Siswa Kelas XI SMA N 1 Pacitan”.

C. Pembatasan Masalah

READ  Contoh Laporan dan Format Penulisannya yang Benar

Tingginya intensitas bermain game online yang dilakukan oleh siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Pacitan.

D. Rumusan Masalah

Adakah pengaruh aktivitas bermain game online terhadap motivasi belajar kesehatan mata siswa Kelas XI SMA N 1 Pacitan?

E. Kajian Teori

Berdasarkan permasalahan yang dipilih, maka dalam proposal penelitian ini perlu dicantumkan dua teori yaitu mengenai game online dan kesehatan mata. Kajian teori mengenai kesehatan mata terdiri dari pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi dan upaya untuk meningkatkannya. Sementara itu, kajian teori mengenai game online meliputi pengertian, jenis dan dampaknya.

F. Hipotesis

Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel aktivitas bermain game online dengan kesehatan mata siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Pacitan.

G. Desain Penelitian

Penelitian ini berdesain ex-post facto, dimana peneliti berusaha untuk meneliti sesuatu fakta yang telah terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sehingga menghasilkan data berupa kumpulan angka.

H. Populasi dan Sampel

  1. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI A-C SMA N 1 Pacitan yang berjumlah 185 orang
  2. Sampel dalam penelitian ini akan mengambil masing-masing 30 orang dari setiap kelas untuk dijadikan sebagai subjek. Pengambilan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dimana responden dipilih oleh peneliti secara acak.

I. Instrumen Pengumpulan Data

Peneliti akan melakukan pengumpulan data dari responden dengan menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Dalam angket ini telah disusun berbagai pertanyaan mengenai variabel yang diteliti, yaitu aktivitas bermain game online dan motivasi belajar.

J. Validitas Data

Pengujian data hasil penelitian ini menggunakan empat validitas yaitu isi (content), konstruk (construct), konkuren (Concurrent) dan prediksi (predictive). Alat ukur yang akan digunakan oleh peneliti untuk menguji validitas data penelitian adalah Product Moment dari Karl Pearson.

Contoh Proposal Penelitian

contoh proposal penelitian n
lifestyle.okezone.com

Penelitian Kualitatif Problem Jurnalis Lingkungan SKH Kalimantan Post dalam Memberitakan Kebakaran Kawasan Lahan dan Hutan di Kalimantan

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Indonesia memiliki sumber daya alam yang beragam dan berlimpah, baik dari laut dan hutan. Sumber daya hutan merupakan penyumbang devisa terbanyak kedua setelah minyak bumi pada masa Presiden Soeharto. Sektor ini menyumbang devisa 3 Miliar US Dolar.

Banyak yang diperoleh dari industri kehutanan seperti produk yang diolah dari kayu meliputi kertas, kayu lapis, kayu log maupun pemanfaatan hutan untuk perkebunan seperti kelapa sawit, kopi, karet dan cokelat. Masifnya pemanfaatan hutan untuk peningkatan ekonomi negara tanpa mempertimbangkan aspek keberlanjutan lingkungan mendorong kerusakan lingkungan negara.

Pulau Kalimantan memiliki luas hutan sekitar 40,8 juta hektar area yang tersebar di seluruh provinsi Kalimantan. Namun, laju deforestasi hutan di Kalimantan mencapai 675 hektar setiap harinya yang menurut data Greenpeace menyebabkan hutan di Kalimantan hanya tersisa 25,5 juta di tahun 2011. Laju deforestasi hutan yang sangat tinggi ini menyebabkan Indonesia dianugerahi sebagai negara dengan tingkat kerusakan hutan tercepat di dunia menurut Guiness Book of Record.

Provinsi yang paling sering mengalami kebakaran hutan adalah Kalimantan. Bulan Juli 2017 bahkan tercatat sebagai waktu terburuk bencana kebakaran hutan yang pernah dialami Kalimantan. Kebakaran hutan di beberapa titik api ini menyebabkan kota tertutupi asap pekat dan partikulat akibat kebakaran yang menyebabkan aktivitas dan kesehatan masyarakat terganggu.

Peran media massa memberitakan kebakaran hutan di Kalimantan menjadi sangat penting untuk memberitakan masyarakat terkait kondisi yang terjadi. Kerusakan lingkungan merupakan kejadian yang patut diberitakan secara massif hingga tingkat nasional karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Jurnalisme yang meliput kejadian ini disebut jurnalisme lingkungan. Jurnalisme lingkungan perlu mengetahui kompleks permasalahan secara menyeluruh dari semua sisi agar menyajikan berita yang berimbang.

Melihat tugasnya yang kompleks, terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi oleh jurnalis dalam memberitakan masalah lingkungan. Untuk itu, peneliti merasa tertarik untuk melihat permasalahan yang dihadapi oleh jurnalis lingkungan untuk mengumpulkan informasi, meliput serta memberitakan isu yang sedang terjadi.

Media massa yang dipilih dalam penelitian ini adalah koran Kalimantan Post karena merupakan media cetak terluas dan pertama di Kalimantan. Peneliti melihat pentingnya mempelajari bagaimana Kalimantan Post menanggapi isu lingkungan di Kalimantan.

B. Rumusan Masalah

READ  5 Contoh Laporan Kegiatan beserta Cara Penulisannya

Apa permasalahan yang dihadapi oleh jurnalis lingkungan dari Kalimantan Post dalam memberitakan kerusakan dan kebakaran lahan di Kalimantan?

C. Tujuan Penelitian

Mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh jurnalis lingkungan dari Surat Kabar Harian (SKH) Kalimantan Post dalam memberitakan kerusakan dan kebakaran lahan di Kalimantan.

D. Manfaat Penelitian

  • Manfaat Teoritis

Penelitian dapat memberikan informasi lebih mendalam terkait jurnalisme lingkungan khususnya yang sangat berguna untuk pengembangan ilmu komunikasi.

  • Manfaat Praktis

Dapat digunakan untuk penelitian dalam bidang Jurnalisme Lingkungan di media massa Indonesia.

BAB II

Dasar Teori

Menurut Sudibyo (2015), Jurnalisme Lingkungan memiliki ciri mengintegrasikan interaksi yang saling berkaitan antara berbagai komponen, faktor yang mempengaruhi lingkungan hidup dengan fokus utama terhadap dampak negatifnya. Jurnalisme Lingkungan merupakan cara jurnalistik yang mengedepankan problem lingkungan yang berpihak pada keberlangsungan lingkungan hidup.

Pada praktiknya, jurnalisme lingkungan sering bersinggungan dengan konflik manajemen lingkungan hidup. Konflik dihasilkan dari beberapa kepentingan yang bersinggungan yaitu mendukung iklim investasi, penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional. Konflik yang timbul seringnya merupakan konflik vertikal yaitu antara pemerintah dan masyarakat setempat. Masyarakat yang tidak memiliki kekuasaan seringkali dikalahkan oleh kekuasaan para pengusaha yang berlindung di balik penguasa.

Sifat yang harus dimiliki oleh jurnalisme lingkungan dalam meliput adalah biosentris, pro-keberlanjutan, pro-keadilan lingkungan dan professional. Jurnalisme lingkungan tidak hanya berperan dalam meliput konflik, namun juga merekam jejak lingkungan yang positif yang dilakukan oleh beberapa pihak yang berjuang untuk mengelola lingkungan hidup.

BAB III

Metode Penelitian

 

  • Metode Penelitian

Metode yang digunakan adalah kualitatif yang berguna untuk memahami keseluruhan permasalahan yang dihadapi oleh Jurnalis Lingkungan di Kalimantan Post.

  • Jenis Penelitian

Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif yang lebih mengutamakan penjelasan kata-kata dan gambar. Penelitian deskriptif berguna untuk menganalisis data seakurat mungkin yang mendekati kondisi aslinya.

  • Metode Pengumpulan Data

Terdapat dua sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan. Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari sumber lain. Anda dapat menemukan data sekunder dari departemen pemerintahan, maupun dalam bentuk struktur organisasi dan sebagainya.

  • Lokasi Pengumpulan Data

Surat Kabar Harian Kalimantan Post di Kalimantan, Jalan Gadjah Mada No. 2-4, Kalimantan Selatan.

  • Objek Penelitian

Objek penelitian merupakan problem yang dihadapi Jurnalis Lingkungan dari SKH Kalimantan Post dalam meliput konflik lahan dan kebakaran hutan di Kalimantan.

  • Metode Analisis Data

Data yang diperoleh berupa catatan lapangan, foto, video, transkrip wawancara, dokumen yang dikeluarkan badan yang bertanggung jawab, serta jurnal. Terdapat tiga tahap yang dilewati untuk analisis data yaitu reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan

Baca Juga Contoh Laporan Prakerin

Dengan 4 contoh proposal penelitian di atas, diharapkan Anda sudah memiliki bekal lebih untuk membuat proposal penelitian yang baik dan benar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.