Tari Tor Tor : Sejarah, Gerakan, Properti, Jenis beserta Keunikannya

Tari Tor tor – Indonesia memang terkenal dengan beragamnya tarian. Bahkan, ada juga beberapa negara yang mengaku salah satu tarian yang ada di Indonesia adalah tariannya.

Banyaknya tarian di Indonesia ini disebabkan karena Indonesia terdiri dari berbagai provinsi dan beberapa daerah di dalamnya.

Umumnya, setiap provinsi yang ada di Indonesia ini memiliki tarian khas masing-masing. Salah satu tarian yang terkenal di Indonesia yaitu tari Tor Tor yang berasal dari Batak Toba, Sumatera Utara. Tari daerah Batak Toba ini tidak hanya sebagai tarian khas Sumatera Utara, namun tari ini termasuk tarian yang sakral untuk upacara tertentu.

Namun seiring perkembangan zaman, tari ini mendapatkan pengaruh dari budaya Hindu Budha.

Sehingga tari Tor Tor ini tidak hanya dijadikan sebagai acara yang sakral, namun digunakan untuk acara lainnya. Bahkan saat ini busana yang digunakan ketika menari sudah mulai modern karena sesekali dipertunjukkan di depan banyak orang sebagai tontonan.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai Tari ini, simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Tari Tor Tor

sejarah tari tor tor
mahligai-indonesia.com

Ciri khas dari tari Tor Tor ini yaitu suara dari gerakannya Hal inilah yang menjadi alasan kenapa tari ini dinamakan tari tortor karena berasal dari suara gerakan kaki ketika menari berbunyi Tor Tor.

Sejarah mengenai tarian ini sudah ada sejak zaman dahulu, karena pada zaman tersebut tarian ini digunakan untuk persembahan bagi roh leluhur atau kematian. Selain itu, tari ini juga dijadikan sebagai upacara kematian, panen, penyembuhan dan pesta muda-mudi.

Gerakan Tari Tor Tor

gerakan tari tor tor
www.romadecade.org

Tarian Tor Tor ini sangatlah sederhana, tak seperti tari-tari pada umumnya. Sehingga tak heran jika tarian ini mudah untuk ditirukan oleh semua orang.

Keunikan tarian ini terletak pada gerakan tangannya yang melambai-lambai dan seirama dengan music yang mengiringinya. Selain itu, disertakan juga dengan gerakan unik kakinya, sehingga bisa menghasilkan bunyi-bunyi Tor Tor.

Iringan Tari

iringan tari
Iringan Tari

Pemain memiliki gerakan tari yang unik, tarian Tor Tor juga diiringi dengan tabuhan alat musik tradisional Mangondangi dari Sumatera Utara.

Alat musik ini sangat lengkap. Karena terdiri dari gondang, doal, terompet khas Batak, suling, tagading, sarune, odap gordang, kalem hesek, ogunf, oloan dan panggora.

Alat musik tersebut bisa menghasilkan suara yang merdu, karena diaminkan secara bersamaan dan seirama. Iringan musik ini juga mengikuti gerakan dari penari, sehingga musik dan gerakan bisa senada.

Setting Panggung

setting panggung
www.gosumatera.com

Jika pada umumnya ketika menampilkan sebuah tarian penampilan panggung selalu diperhatikan. Namun berbeda dengan tarian Tor Tor yang berfungsi untuk menjalin komunikasi dan pergaulan. Sehingga tidak membutuhkan panggung ketika ditampilkan.

Pada saat digelar tarian ini, penonton juga bisa dengan mudah langsung bergabung untuk mengikuti gerakan tariannya. Umumnya, tari ini ditarikan di area yang luas seperti lapangan.

Properti Yang Digunakan

properti yang digunakan
www.plaminan.com

Selain menggunakan alat musik dan kostum tertentu. Properti yang digunakan ketika menari Tor Tor yaitu berbeda-beda. Maksudnya properti yang digunakan ini sesuai dengan fungsi tarian tersebut. Misalnya jika tarian ini digunakan untuk ritual keagamaan, maka properti yang wajib digunakan seperti patung batu. 

Keunikan dari tarian ini yaitu ketika patung batu ini sudah dimasuki oleh roh leluhur, maka patung batu ini akan bergerak dengan sendirinya. Sehingga tarian ini termasuk tarian sakral. Namun, penari tidak menggunakan properti apapun jika tarian ini dimaksudkan untuk acara hiburan saja. 

Jenis Tari Tor Tor

jenis tari tor tor
www.negerikuindonesia.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tarian ini memang sangat beragam. Dengan kata lain, jenis-jenis tari ini sesuai dengan fungsinya.

Adapun jenis-jenis tarian ini ada tiga macam. Seperti halnya Tor Tor Pangurason, Tor Tor Sipitu Cawan dan Tor Tor Tunggal Panaluan. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari setiap jenis tari Tor Tor tersebut, simak ulasannya berikut ini.

  • Tor Tor Pangurason (pembersihan)

Jenis Tari pertama yaitu Tor Tor Pangarason. Bisanya, jenis tari ini digunakan untuk mengisi acara tertentu.

Lokasi untuk digelar tari Tor Tor ini terlebih dahulu dibersihkan menggunakan jeruk purut. Penggunaan jeruk purut ini dipercaya bisa menghindarkan dari bahaya. 

  • Tor Tor Sipitu Cawan

Selanjutnya, tari Sipitu Cawan. Tarian ini digunakan ketika pengukuhan raja. Sesuai dengan namanya, tarian ini berasal dari kisah 7 putri kayangan yang sedang mandi di telaga puncak yang berada di gunung Pusuk Buhit. Pada saat 7 putri kayangan tersebut mandi, bertepatan dengan piso sapitu sasarung atau pisau tujuh sarung datang ke telaga.

  • Tor Tor Panasulan

Jenis tari yang terakhir yaitu Tor Tor Panasulan. Tarian ini diadakan ketika desa sedang dilanda musibah, namun pada tari jenis ini tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan.

karena, Tor Tor Panasulan ini dilakukan oleh dukun, agar bisa mencari petunjuk untuk musibah atau masalah yang sedang dihadapi desa. 

Keunikan Tari Tor Tor

keunikan tari tor tor
travelingyuk.com

Selain memiliki jenis-jenis, tari Tor-tor ini juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tarian lain. Adapun berikut ini beberapa keunikan , yaitu:

  • Tari Tor Tor Sebagai Media Komunikasi

Tari Tor-tor menjadi salah satu budaya dari Batak yang saat ini cukup populer, karena biasanya tarian ini digunakan sebagai tarian seremonial.

Namun, tarian ini tidak hanya digunakan sebagai tarian seremonial saja, karena tari Tor Tor ini juga digunakan sebagai media komunikasi. Terlihat jelas dari gerakan tarian ini bisa menghasilkan interaksi dari penonton. 

  • Diiringi Musik Gondang

Keunikan lain dari tari Tor Tor yaitu diiringi dengan alat musik Gondang. Gerakan – gerakan tarian tor tor menjadi semakin kuat dengan adanya dentuman yang dihasilkan oleh music Gondang. Biasanya, orang-orang terlebih dahulu memainkan alat music ini sebelum tari Tor Tor dimulai. 

  • Prosesi Tua ni Gondang

Keunikan lain dari Tari ini yaitu adanya prosesi Tua ni Gondang sebelum tari Tor Tor ini dimulai. Biasanya sebelum music gondang ini dimainkan, tuan rumah memiliki permintaan khusus kepada penabuh musik gondang. Tua ini Gondang bagi masyarakat Dayak diartikan sebagai berkat dari music gondang.

Permintaan yang diinginkan oleh tuan rumah ini biasa berupa kata-kata santun. Selama beberapa saat, tabuhan music gondang dengan ritme tertentu ini akan menyelingi setiap kali tuan rumah selesai mengucapkan satu permintaan.

Tabuhan music gondang ini bertujuan agar bisa mendapatkan keberkahan serta apapun permintaan yang dimaksudkan bisa tercapai. 

  • Setiap Penari Tor Tor Mengenakan Ulos

Seperti halnya tarian adat pada umumnya menggunakan busana khusus. Tak terkecuali penari Tor Tor yang menggunakan ulos atau kain khas dari Suku Batak ketika menari.

Biasanya, kain ulos yang digunakan untuk menari Tor Tor yaitu dominan dengan warna merah, hitam dan putih.

Setelah itu, kain ulos ini dihiasi dengan ragam tenunan dari benang emas atau perak, sehingga terlihat lebih menarik dan modern.

Dulunya, kain ulos ini digunakan sebagai busana saat upacara adat. Dengan penggunaan yang sangat sederhana yaitu digunakan dalam bentuk sarung atau selendang saja.

Namun, seiring berjalannya waktu kain ulos ini diolah dalam berbagai bentuk sebagai cindera mata karena memang banyak sekali wisatawan yang datang ke Batak. 

  • Pantangan Ketika Menari Tor Tor

Penari dalam Tari ini, tangannya tidak boleh diangkat di atas bahu. Nah, jika penari melanggar pantangan tersebut, maka penari siap menantang siapapun. Karena, pada ilmu kedukunan, jika penari melanggar pantangan tersebut, maka bisa mendapatkan kesialan dalam hidupnya. 

Itulah ulasan mengenai tarian Tor-tor beserta keunikan-keunikannya. Tarian Tor-tor memang memiliki banyak keunikan tersendiri.

Mulai dari gerakan, alat musik, busana yang digunakan hingga yang lainnya. Tari Tor-tor merupakan salah satu tarian miliki Indonesia yang harus dijaga dengan baik agar tidak diakui oleh Negara lain. Semoga ulasan ini bermanfaat.

READ  12 Jenis Tarian Khas Bali : Nama, Gambar dan Penjelasannya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.