Seni Musik : Pengertian, Jenis, Unsur, Macam-Macam dan Penjelasannya

Seni musik – Musik, itulah salah satu kata yang sudah sangat familiar di telinga seluruh orang di dunia. Bahkan, setiap hari hampir seluruh umat manusia mendengarkan musik dengan berbagai genre dan bahasa. Yaa, hadirnya musik memang memberikan banyak dampak positif bagi penikmat nya.

Selain digunakan untuk menghilangkan kejenuhan, musik juga dijadikan sebagai salah satu bidang untuk mengekspresikan diri. Meskipun keberadaan musik ini sangat dekat, namun tahukah Anda apa itu seni musik.

Menurut Aristoteles, Musik adalah sebuah tuangan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada), yang memiliki irama.

Pengertian lebih sederhananya lagi seni musik adalah suatu hal yang khusus atas suara yang mengandung irama, melodi, harmonisasi dan juga keteraturan di dalamnya.

Seni musik sendiri terdiri atas beberapa model-model musik. Untuk musik yang sedang berkembang saat ini juga sudah sangat banyak. Bahkan, ada jutaan alat musik dan diciptakan hanya untuk memuaskan rasa bermusik serta digunakan untuk memanjakan para pecinta musik.

Jenis-Jenis Seni musik

jenis jenis seni musik
forum.teropong.id

Untuk Anda yang menyukai musik maupun seni musik, berikut ini akan dibahas dengan detail jenis-jenis dari musik yang ada di dunia. hal ini berguna untuk menambah pengetahuan Anda seputar dunia musik. Mau tahu apa saja jenis musik ini? yuk langsung saja simak selengkapnya di sini.

  • Musik Tradisional

Musik tradisional menjadi salah satu jenis musik yang pertama, jenis seni musik ini merupakan musik yang diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun dari generasi satu ke generasi selanjutnya.

Musik tradisional sendiri masih menggunakan berbagai macam lirik daerah, alat musiknya masih tradisional, dan juga tidak memiliki notasi di dalamnya. Adapun di Indonesia sendiri berbagai daerah di Indonesia juga memiliki alat musiknya masing-masing.

Beberapa contoh alat musik tradisional yang ada di Indonesia adalah seperti gamelan, Sharon, angklung, karawitan, gong dan masih banyak lainnya.

  • Musik Modern

Selain musik tradisional, ada juga seni musik modern. Musik yang satu ini menjadi salah satu jenis musik yang paling berkembang saat ini dimana ia bersifat universal dan banyak dikenal oleh orang di seluruh dunia.

READ  Contoh Alat Musik Petik Tradisional Dan Modern Beserta Gambarnya

Seni musik ini sudah semakin berkembang dimana sudah berartikulasi dengan menggunakan teknologi serta budaya yang baru. Hal ini juga mengakibatkan munculnya instrumen musik yang lebih baik untuk didengarkan.

  • Musik Kontemporer

Tahukah Anda apa itu jenis seni musik kontemporer? Musik kontemporer sendiri di Indonesia mulai berkembang di tahun 1990 an. Musik ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan musik modern maupun musik tradisional.

Salah satu ciri khasnya adalah adanya variasi nada yang lebih kompleks dimana ia memiliki jenis bunyi, warna, ritme, dan juga tempo yang bervariasi. Nah, sumber bunyi yang bervariasi ini ternyata tidak hadir dari musik instrumental saja.

Unsur-Unsur Seni musik

unsur unsur seni musik
oddav.com

Dalam sebuah musik, terdapat unsur-unsur yang sangat penting yang menjadi dasar mengapa musik tersebut dapat terbentuk. Adapun unsur-unsur seni musik ini adalah sebagai berikut:

  • Irama

Salah satu penyanyi asal Indonesia ada yang menggunakan embel-embel Irama di nama belakangnya. Tahukah Anda siapa dia? Ya, dia adalah Rhoma Irama. Perlu Anda tahu bahwa irama memiliki arti ritme panjang pendek dan tinggi rendah. Dalam bermusik, irama menjadi unsur yang sangat penting karena iramalah yang akan menentukan ketukan dalam menciptakan musik.

  • Melodi

Dalam musik juga ada yang disebut dengan melodi, melodi merupakan salah satu bentuk susunan bunyi yang saling berurutan dari tinggi ke rendah maupun dari rendah ke tinggi. adapun melodi juga menjadi salah satu daya tarik yang kuat dalam bermain musik.

  • Harmoni

Harmoni juga menjadi salah satu unsur pendukung seni musik. Harmoni adalah kumpulan dari nada dan juga melodi yang saling beraturan, sehingga menghasilkan suara yang elok didengar. Adanya harmoni juga sering disebut dengan istilah akord yang digunakan untuk mengiringi musik.

  • Birama

Birama adalah unsur ketikan yang ada dalam musik dimana dalam hal ini memperhatikan waktu dan tempo yang saling beraturan. Adapun ketukan birama yang biasa ditulis adalah 2/4. 2/3, ¾ dan masih banyak lainnya. Dalam musik, jika Anda menemukan tanda “/”. Tanda tersebut memiliki arti sebuah ketukan.

  • Tangga Nada

Tangga nada biasanya menjadi salah satu unsur seni musik yang digunakan untuk mengatur pemain orkestra. Tangga nada ini terdiri atas nada yang saling berjenjang dimana dimulai dengan nada dasar hingga nada tinggi dimana nada tersebut menjadi hal yang sangat penting dalam pertunjukan musik.

  • Tempo

Tempo yang dimaksud dalam seni musik adalah kecepatan birama dalam suatu lagu. Misalnya, semakin cepat suatu lagu yang diamankan, maka tempo dalam birama tersebut juga akan semakin cepat saat dibawakan. Nah, tempo ini juga masih dibagi menjadi beberapa macam yakni lento, largo, adagio, andate, moderato, vivace, allegro dan juga presto.

  • Timbre

Timbre atau disebut juga dengan nama bunyi adalah kualitas dari bunyi musik yang dihasilkan. Sebagai contoh sebuah alat gitar memiliki timbre yang berbeda dengan alat musik lain seperti keyboard meskipun musik tersebut dimainkan dengan jenis nada yang sama.

READ  15 Contoh Alat Musik Ritmis Dan Cara Memainkannya

Na, hal ini akan terjadi pada setiap alat musik yang ada dimana mereka memiliki timbre yang berbeda-beda. Perbedaan timbre ini akan menghasilkan bunyi yang dihasilkan semakin Indah dan beragam.

  • Dinamika

Dinamika digunakan untuk memainkan suatu nada yang berkaitan dengan hal volume. Dalam hal ini dinamika dapat mengeluarkan suara yang nyaring dan juga merdu sehingga enak untuk didengarkan. Adapun dinamika sendiri menjadi salah satu unsur musik yang paling utama.

Hal ini terutama untuk mengetahui kepresi musik secara emosional baik itu sedih, senang maupun lainnya.

Macam-Macam Genre dalam Seni musik

macam macam genre dalam seni musik
pixabay.com

Dalam seni musik, musik dibagi menjadi beberapa genre yang berbeda-beda. Genre ini juga ada yang sudah mulai ditinggalkan dan ada pula yang sedang berkembang hingga saat ini. Adapun genre musik adalah sebagai berikut:

  • Klasik

Klasik menjadi salah satu genre musik yang digunakan untuk pengantar tidur. Ya, jenis genre ini memiliki nada dan juga harmonisasi yang sangat menarik dibandingkan dengan genre musik lainnya. Genre musik ini juga dibawakan dengan kalem dimana para pendengarnya akan lebih rileks saat mendengarkan genre musik ini.

  • Jazz

Di Indonesia jazz menjadi salah satu genre musik yang memiliki cukup banyak pendengar. Genre musik ini sebenarnya berasal dan lahir dari Amerika pada Abad ke 60. Dalam genre musik ini alat musik yang lebih didominasi adalah piano, biola, gitar bass, terompet dan juga menggunakan lirik yang mendalam. Genre musik ini juga berhasil melahirkan banyak musisi terkenal di dunia.

  • Blues

Apakah Anda pernah mendengarkan musik blues? Blue menjadi salah satu jenis musik yang berkembang di Amerika. Genre ini diciptakan dari sebuah konotasi perasan frustasi dan melankolis. Jenis musik ini bisanya dijadikan sebagai musik spiritual maupun pujian-pujian.

  • Funk

Musik funk merupakan genre musik yang tersusun atas musik jazz, blues dan rythm. Musik ini sendiri mulai berembang pertama kali di tahun 1996 an tepatnya di Amerika. Jenis musik ini juga memiliki nada gitar yang lebih mendominasi dengan drum. Selain itu, musik yang dihasilkan juga terpotong-potong sehingga menghasilkan alunan gembira yang sangat enak digunakan untuk berdansa.

  • Hip Hop

Hip hop adalah jenis musik yang terbentuk dari perpaduan nada dan ritme unik yang cocok dimana ia akan dipadukan dengan musik rapp. Jenis genre musik ini mulai berkembang di masyarakat sejak tahun 1970-an di Amerika. Bahkan saat ini juga menghasilkan banyak musisi terkenal di dunia.

  • Reggae

Genre musik ini memiliki salah satu ciri khas dimana ritme yang back bear juga juga memiliki progresif kord yang bisa dikatakan mudah. Di Amerika sendiri, musik  ini bisa  dinikmati dengan cara berjoget. Bahkan melalui jenis musik ini dapat digunakan untuk mengekspresikan suatu kebebasan, jiwa muda dan juga ekspresi pemberontak.

  • Pop

Nama pop berasal dari kata “populer” dimana jenis musik ini memang menjadi salah satu genre musik yang paling populer dan memiliki banyak pendengar dan peminat. Awalnya di tahun 1920 an, musik pop biasanya hanya dijadikan sebagai musik untuk mengiringi tarian. Namun, di tahun 1980 musik ini menjadi sangat mendunia dan memiliki banyak penggemar.

  • Rock

rock genre

 

READ  Seni Tari : Unsur-Unsur dan Jenis tarian di Indonesia

Rock merupakan salah satu genre musik yang terdiri atas perpaduan musik jazz, ryth,. Country dan juga bles. Adapun alat musik yang digunakan dalam musik ini adalah bass, gitar dan drum.

  • Dangdut

dangdut

Dangdut merupakan salah satu genre musik yang berasal dari Indonesia. Jenis musik ini berasal dari perpaduan antara India dan Melayu dimana di dalamnya terdapat sentuhan campursari. Bahkan saat ini dangdut juga sudah mendunia dimana dahulunya musik ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah saja.

Bukankah seni musik itu sangat menarik? Jika melihat ulasan di atas, ternyata musik yang kita dengarkan setiap harinya memiliki banyak pelajaran di dalamnya, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.