18 Cara Mengusir Dan Membasmi Nyamuk Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mengusir Nyamuk –¬†Siapa sih yang tidak kenal serangga nyamuk?, serangga ini memang menjadi salah satu musuh bagi banyak manusia karena hanya dengan beterbangan di sekitar kita saja akan membuat kita nyaman dan juga tidak fokus. Apalagi jika sampai nyamuk hinggap ke kaki, tangan ataupun wajah.

Selain itu, nyamuk itu memiliki banyak jenis, jika saja sampai berhadapan dengan nyamuk demam berdarah tentu akan sangat berbahaya karena nyawa yang menjadi taruhannya. Tentu saja, rasa tidak nyaman dikarenakan nyamuk ini membuat kita ingin membunuh nyamuk atau bahkan mengusir nyamuk pergi.

Untuk bisa mengusir nyamuk memang bisa di katakan mudah namun juga sulit. Nyamuk ini dapat juga dikategorikan sebagai serangga pengganggu maupun hama yang kerap sekali merugikan manusia, sebab dengan keberadaannya saja bisa memberikan penyakit untuk manusia.

Meskipun telah melakukan pembasmian secara rutin, nyamuk pun akan tetap muncul lagi dan juga lagi. Tentu saja hal tersebut merupakan faktor dari mudahnya nyamuk dalam berkembang biak.

Trik Cara Mengusir nyamuk mudah dan cepat

trik membasmi nyamuk mudah dan cepat
rumahlia.com

Bukan menjadi rahasia lagi jika nyamuk merupakan serangga yang sangat mudah berkembang biak sehingga kita pun dengan mudah pula menemukan nyamuk- nyamuk berkeliaran di sekitar kita. Terlebih lagi pada lingkungan yang cukup kotor dan tidak pernah diperhatikan kebersihannya, yang tentunya akan menjadikan nyamuk nyaman dan mudah berkembang biak dan bermukim.

Selokan yang mampet ialah salah satu tempat yang paling di sukai oleh nyamuk dan menjadi tempat yang memiliki peluang tinggi untuk tempat berkembang biak mereka.

Tak hanya itu saja, adanya sampah yang berserakan serta tidak adanya rasa peduli untuk menjaga kebersihan akan menjadi lokasi kesukaan nyamuk saat berkembang biak. Terutama pada musim hujan, musim hujan ini akan mengakibatkan banyak air menggenang pada sampah plastik yang berserakan sehingga menjadi tempat yang mempercepat proses perkembangbiakan dari nyamuk.

Tentunya Anda pun ingin mengusir nyamuk secepatnya bukan?. Nah, dalam mengusir dan membasmi nyamuk itu ada banyak cara yang bisa di lakukan. Anda sudah penasaran caranya apa saja?, berikut ini adalah beberapa cara mengusir nyamuk yang mudah dan juga cepat:

Membersihkan lingkungan sekitar

membersihkan lingkungan sekitar
puskesmas.hol.es

Cara yang pertama ialah dengan rajin membersihkan lingkungan di sekitar Anda. kebersihan merupakan kunci yang paling utama dalam upaya pemberantasan serta menjadi mutasi rantai dalam perkembang biakan serangga nyamuk. Walaupun memang tidak bisa 100% hilang, namun yang pasti sebagian besar dari nyamuk nantinya akan musnah.

Jangan sampai membiarkan saluran dari pembuangan yang ada di sekitar rumah Anda tidak mengalir dengan lancar atau mampet. Tentu saja hal ini akan sangat mendukung dari perkembangbiakan nyamuk dengan sangat cepat.

Kemudian bersihkan juga sampah- sampah yang berserakan di mana dan langsung saja sampah di kubur atau sampah di bakar. Karena jika kita membiarkan sampah- sampah tersebut berserakan pastinya di saat hujan tiba akan banyak terdapat genangan air yang ada di sampah plastik sehingga bisa mengundang nyamuk untuk datang dan bersarang di sana.

Untuk yang selanjutnya, jangan sampai lupa untuk membersihkan seluruh area yang ada di dalam rumah Anda secara rutin. Dan juga perhatikan semua bagian- bagian yang memang merupakan tempat yang disukai oleh banyak nyamuk misalnya saja tirai, kolong lemari, kolong meja, dan tempat lainnya.

Apabila Anda memiliki taman di dalam rumah, maka wajib untuk selalu merapikannya secara rutin dari membersihkan daun kering yang jatuh, memotong rumput yang sudah memanjang. Karena hal seperti itu pastinya bisa mengurangi keberadaan dari nyamuk di area rumah.

Memakai minyak kayu putih

memakai minyak kayu putih
nonikhairani.com

Umumnya minyak kayu putih ini digunakan sebagai obat oles yang bisa menyembuhkan rasa gatal bekas gigitan nyamuk. Namun rupanya, minyak kayu putih ini bisa juga dipakai untuk membasmi nyamuk. Hal ini disebabkan adanya aroma dari minyak kayu putih yang nyamuk tidak menyukainya, jadi bisa dimanfaatkan untuk mengusirnya.

Untuk membuatnya juga sangat mudah, pertama yakni menyiapkan botol semprot yang tidak terpakai dan jangan lupa untuk membersihkannya dahulu. Lalu masukkan air setengah botol saja supaya mudah untuk di kocok. Berikutnya ialah dengan memasukkan beberapa tetes minyak kayu putih sampai baunya sudah tercium.

Jangan sampai lupa untuk mengocoknya agar minyak kayu putih tercampur ke dalam air. Jika sudah, maka cairan tersebut akan siap untuk digunakan dan Anda hanya perlu melakukan penyemprotan di beberapa sudut rumah Anda.

Minyak lavender dan ragi ampuh usir nyamuk

minyak lavender dan ragi ampuh usir nyamuk
dodkop.blogspot.com

Lavender adalah salah satu bahan yang tidak asing lagi yang mana kerap digunakan sebagai campuran dari berbagai obat nyamuk, dari obat nyamuk semprot, bakar hingga lotion. Nah, untuk Anda yang ingin membuat minyak lavender sendiri tentu itu adalah hal mudah. dimana minyak lavender buatan Anda tidak hanya bisa mengusir nyamuk namun juga bisa digunakan sebagai aroma terapi.

Pertama, Anda hanya perlu membeli minyak lavender dan juga ragi dan jika seluruh bahan sudah ada maka Anda dapat menuangkan air ke dalam toples kecil maupun gelas yang kecil dimana gelas tersebut sudah tidak terpakai. Kemudian masukkan air sekitar 10% dari rumah toples maupun gelas tersebut.

Lalu masukkan ragi dan minyak lavender yang sudah di siapkan tadi, dan jangan lupakan untuk terus mengaduk semua bahan hingga dapat tercampur merata. Nah, jika sudah tercampur rata maka sudah bisa digunakan. lebih baik meletakkan toples maupun gelas pada tempat yang kerap dipakai nyamuk untuk bermukim.

Menggunakan warna kuning dan orange

menggunakan warna kuning dan orange
www.dekoruma.com

Tentunya Anda sudah paham bentuk jika nyamuk sangat suka dengan warna kuning maupun warna orange. Anda pun dapat memanfaatkan kedua warna untuk demokrasi di beberapa dekorasi di seluruh ruangan rumah Anda. gorden merupakan salah satu tempat yang sangat disukai oleh nyamuk pada saat bersembunyi.

Nah, dengan begitu Anda dapat menggunakan gorden yang memiliki motif dengan warna- warna seperti itu. Meskipun tidak 100% dapat mengusir nyamuk namun setidaknya gorden Anda terhindar dari tempat nyamuk.

Daun serai yang ampuh usir nyamuk

daun serai yang ampuh usir nyamuk
www.viva.co.id

Untuk yang selanjutnya ialah daun serai, dimana daun serai ini umumnya dipakai menjadi bahan tambahan untuk bumbu memasak. Namun ternyata daun serai bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Untuk membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan semua serai terlebih dahulu sebelum Anda masukkan ke dalam botol semprot yang sudah tidak digunakan.

Untuk berikutnya, Anda dapat melakukan penyemprotan pada semua area di dalam rumah Anda yang sering menjadi tempat nyamuk.

Kulit jeruk sebagai pembasmi nyamuk

kulit jeruk sebagai pembasmi nyamuk
liputan6.com

Bukan hal yang mengherankan jika kulit jeruk sering kali menjadi bahan campuran dari obat pembasmi nyamuk dari berbagai jenis. Nah, Anda pun dapat membuat obat nyamuk dari jeruk dengan alami. Pertama Anda harus mengeringkan kulit jeruk di bawak sinar matahari dan apabila sudah mengering maka Anda pun dapat memakainya dengan cara meletakkannya di beberapa sudut di dalam rumah Anda.

Bukan hanya ampuh sebagai pengusir nyamuk, kulit jeruk kering ini bisa juga dijadikan pengharum ruangan.

Menggunakan bunga

menggunakan bunga
tanamanhias.com

Untuk yang selanjutnya ialah dengan menggunakan bunga. Nyamuk adalah serangga yang sangat tidak menyukai adanya beberapa jenis bunga yang tertentu yang mana bunga tersebut mengeluarkan aroma yang tidak di sukai. Contohnya saja bunga rosemary, bunga geramary, bunga krisan dan masih banyak lagi.

Anda dapat mencoba menanam jenis bunga tersebut di halaman rumah yang mana hal ini bisa membuat nyamuk menjauhi rumah Anda dan tidak akan berani mendekat ke dalam area rumah Anda.

Buah lemon untuk mengusir nyamuk

buah lemon untuk mengusir nyamuk
cahiya.com

Buah lemon adalah zat yang sangat terkenal sebagai antiseptik serta tidak disukai oleh banyak serangga dan termasuk nyamuk. Itulah sebabnya, Anda dapat memanfaatkan lemon ini untuk dijadikan sebagai bahan pengusir nyamuk di dalam rumah.

Pertama adalah dengan memeras buah lemon, lalu masukkan perasan tersebut ke dalam botol penyemprot lalu tambahkan dengan air secukupnya. Jangan lupa untuk mengocoknya sehingga air dan perasan lemon menyatu. Sedangkan untuk proses yang terakhir ialah Anda dapat menyemprotnya di beberapa sudut rumah Anda.

Menggunakan bawang putih

menggunakan bawang putih
www.bugarfit.com

Untuk yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memang menjadi bumbu dapur yang wajib digunakan untuk memasak. Namun ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk karena memiliki aroma yang sangat menyengat dan yang pasti aroma inilah yang nyamuk menjadi tidak suka. Anda dapat membuat pengusir nyamuk dari bawang putih.

Pertama Anda perlu merebus beberapa siung bawang putih lalu dinginkan bawang putih. Kemudian bawang putih ini di masukkan ke dalam botol penyemprot berisi air dan Anda pun bisa mengaplikasikannya di dalam rumah.

Bubuk kopi untuk membasmi telur nyamuk

bubuk kopi untuk membasmi telur nyamuk
majalah.ottencoffe.co.id

Bubuk kopi menjadi favorit kebanyakan orang karena sering dijadikan sebagai minuman untuk menemani waktu senggang Anda di rumah. Namun ternyata bubuk kopi pun dapat dipakai sebagai bahan untuk mengusir nyamuk. Anda juga dapat membuatnya di rumah karena memang sangat mudah mengingat bubuk kopi mudah di dapatkan.

Pertama Anda perlu menaburkan bubuk kopi di area rumah Anda yang mana kerap ada genangan airnya. Dengan adanya interaksi antara air dan bubuk kopi ini akan menjadikan telur- telur nyamuk naik ke permukaan air. Sehingga hal ini bisa menjadikan telur nyamuk dapat kekurangan oksigen dan tidak bisa menetas.

Pengusiran nyamuk dengan kapur barus

pengusiran nyamuk dengan kapur barus
rejekinomplok.net

Kapur barus memang sangat terkenal dengan baunya yang cukup menyengat dimana hal tersebut akan termasuk pada hal yang tidak disukai oleh nyamuk. Kapur barus ini juga dapat di pakai dan dibuat di rumah. Untuk proses dari pembuatannya juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Anda perlu menyiapkan gelas yang berisikan air namun sebelumnya haluskan kapur barus. Untuk yang selanjutnya ialah dengan memasukkan serbuk kapur barus yang ada di dalam gelas dan taruh gelas di seluruh sudut yang ada di ruangan rumah Anda.

Menggunakan raket listrik untuk pembasmi nyamuk

menggunakan raket listrik untuk pembasmi nyamuk
muslimedianews.com

Raket yang digunakan sebagai pengusir nyamuk memang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat, bahkan untuk penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggerakkan raket listrik pada area yang memang sering kali banyak di tempati oleh nyamuk. Anda bisa mencobanya di area kolong lemari, kolong tempat tidur, kolong meja dan di sudut- sudut rumah Anda.

Memelihara ikan di kolam atau di akuarium

memelihara ikan di kolam atau di akuarium
www.mentaribaliholiday.com

Ikan adalah hewan yang menyukai dengan adanya nyamuk karena nyamuk ini bisa menjadi santapan oleh ikan. Nah, dengan Anda memelihara ikan maka bisa di pastikan jika jumlah nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah akan semakin berkurang. Karena nyamuk sangat suka dengan air maka nyamuk akan datang ke air.

Nah, dengan Anda memelihara ikan maka ikan pun akan memakan nyamuk yang datang ke air.

Memakai plastik yang diolesi minyak goreng

memakai plastik yang diolesi minyak goreng

Cara mengusir nyamuk yang berikutnya ini adalah dengan memakai plastik yang sudah di olesi oleh minyak goreng. Cara yang seperti ini memang kerap digunakan oleh banyak orang yang memang ampuh untuk membasmi nyamuk maupun serangga lainnya. Siapkan juga plastik bening yang kerap dipakai dalam es batu lalu tiup hingga plastik mengembung.

Kemudian ikat ujung dengan memakai karet lalu pasangkan tali pada bagian yang sudah di ikat tadi. Oleskan juga minyak goreng pada seluruh permukaan plastik tersebut kemudian gantungkan di seluruh sudut rumah. Dan keesokan harinya Anda bisa melihat bagaimana hasilnya, dimana  banyak nyamuk yang menempel.

Gula merah yang sudah dicairkan

gula merah yang sudah dicairkan
hellosehat.com

Selanjutnya ialah dengan menggunakan gula merah yang sudah dicairkan. Siapkan pula botol plastik bekas serta botol di potong menjadi 2 bagian. Kemudian masukkan bagian corongnya dengan keadaan yang terbalik pada bagian bawah botol yang tadi telah di isi dengan gula merah cair.

Kemudian bungkuslah pada bagian samping botol dengan menggunakan plastik hitam lalu taruh di beberapa bagian sudut gelap yang ada di rumah. Kemudian lihat keesokan harinya Anda akan menemukan banyak sekali nyamuk yang terperangkap di dalam botol. Untuk bisa menghindarkan dari semut, maka botol dialasi dengan piring yang telah berisi dengan air.

Lilin aroma terapi

lilin aroma terapi
vemale.com

Cara yang seperti ini pastinya akan sangat muda untuk bisa dipraktekkan di rumah Anda. Anda perlu menyiapkan beberapa lilin serta bunga geranium. Kemudian rebus lilin ke dalam wadah hingga mencair. Lalu masukkan bunga yang sudah di remas atau masih utuh ke dalam gelas yang memang sudah tidak di gunakan lagi.

Kemudian masukkan cairan dari lilin pada gelas yang sudah diberi sumbu dan tunggu lilin mengeras. Jika sudah maka Anda bisa menggunakan lilin ini untuk mengusir nyamuk.

Bunga peppermint bisa usir nyamuk

bunga peppermint bisa usir nyamuk
rumahlia.com

Bunga peppermint ini adalah salah satu bunga yang memang sama sekali tidak sukai oleh nyamuk. Untuk itulah, Anda bisa menggunakan bunga untuk mengusir nyamuk yakni dengan membuat cairan penyemprot dengan bahan bunga peppermint.

Caranya ialah dengan merebus bunga peppermint lalu rebusan di tunggu hingga dingin. Jika sudah siap maka bisa memasukkan ke dalam botol penyemprot dan sudah siap digunakan.

Melakukan pengasapan

melakukan pengasapan
replubika.co.id

Nah, jika saja cara- cara diatas telah Anda coba namun belum maksimal maka Anda dapat memanggil petugas pengasapan yang bisa melakukan pengasapan di lingkungan rumah Anda tersebut. pengasapan ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengusir dan membunuh nyamuk.

Nah, demikianlah sekilas info mengenai cara mengusir nyamuk untuk Anda. Dengan adanya artikel semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.