8 Hal Tentang Burung Kenari yang Mengejutkan

Burung Kenari – Dari sekian banyak jenis hewan yang dapat dipelihara, burung menjadi salah satu pilihannya dan merupakan hewan favorit. Burung sendiri memiliki banyak jenis dan macamnya. Sebagian orang memelihara burung hanya sebagai hiburan dan penghilang penat, namun sebagian lagi memilih burung untuk dipelihara untuk kemudian dilatih dan diikutsertakan perlombaan-perlombaan.

Beberapa jenis burung memang sangat membahagiakan ketika dipelihara, karena dapat memperdengarkan suara-suara yang unik, ataupun karena memiliki bulu yang indah dipandang mata. Salah satunya adalah burung Kenari. Burung ini berasal dari pulau Macaronesian dan sudah mulai menjadi hewan peliharaan semenjak abad 17.

Jika Anda adalah pecinta burung serta berniat untuk memeliharanya, namun kini tengah bingung burung jenis apa yang cocok untuk dipelihara maka Anda bisa memelihara jenis burung ini. Berikut akan dijelaskan mengenai segala hal yang berhubungan dengan burung Kenari :

Ciri-ciri

ciri ciri burung kenari
jalaksuren.net

Mungkin bagi Anda yang baru saja terjun di dunia burung masih bingung burung yang dimaksud seperti apa, karena bagi orang awam semua burung memiliki bentuk yang sama. Namun, sebelum itu Anda harus  tahu bahwa burung jenis ini memiliki masa hidup yang lumayan panjang  yaitu paling panjang 15 tahun.

Adapun ciri fisiknya sebagai berikut :

  1. Berukuran empat sampai enam inci
  2. Memiliki bulu dengan macam-macam warna yaitu putih, merah, kuning, hijau, hitam, rose, beige, coklat, bronze dan masih banyak lagi
  3. Pada setiap ekor terdapat sekitar 2000an helai bulu
  4. Apabila kicauannya bagus berarti burung tersebut berjenis kelamin jantan.

Jenis

Ada beberapa jenis burung Kenari yang semakin lama semakin terus dikembangkan, apa saja jenisnya? Simak di bawah ini.

  • Belgium
    kenari berlgium
    pasarburung.top

    Secara fisik burung jenis belgium memiliki bentuk tubuh kurus, pundaknya membungkuk dan pada bagian pundak tersebut terdapat bulatan. Burung ini memiliki panjang tidak lebih dari 155 milimeter.

  • Bernois
    burung kenari bernois
    omkicau.com

    Jenis Bernois ini berasal dari negara swiss serta memiliki postur yang tegak dengan panjang 160 milimeter. Ciri khas dari burung jenis ini adalah terdapat bulu pada bagian dahi sehingga burung ini terlihat lebih datar.

  • Columbus Fancy
    kenari columbus fancy
    kenaritaman.wordpress.com

    Burung Kenari jenis Columbus fancy sudah mulai ada dan dipelihara sejak tahun 1920 dengan panjang mencapai 150 mm. burung ini terlihat sangat minimalis karena paruhnya yang pendek, selain itu pada bagian kepala dan dada berbentuk bulat.

  • Border
    kenari border
    budidayakenari.com

    Yang termasuk kategori kenari selanjutnya adalah jenis border. Burung ini awalnya ditemukan di negara Skotlandia dan Inggris. Akan tetapi, sejak abad ke 19 burung jenis ini menjadi sangat langka dan sangat sulit untuk ditemukan di alam.

Dari keempat burung diatas semuanya termasuk kenari. Hanya saja, memiliki spesifikasi yang agak berbeda terutama secara fisik.

Keunikan

keunikan kenari
caramerawatburung.com

Setiap jenis burung tentunya memiliki keunikan sendiri-sendiri yang membuat dirinya berbeda dengan jenis burung lain. Sama halnya dengan burung jenis ini, ada beberapa keunikan yang membuat para pecinta burung jatuh hati kemudian memutuskan untuk memelihara burung jenis ini.

Apa saja keunikan-keunikan tersebut ? Salah satu yang paling terlihat ada pada warnanya. Warna dari burung tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yaitu melanin dan lipokrom.

  • Faktor yang menyebabkan perbedaan warna bulu pada burung adalah kandungan zat melanin dan lipokrom.  Apabila kandungan melanin semakin pekat maka warna yang ditimbulkan semakin gelap, begitu pula sebaliknya. Dan yang perlu Anda ketahui yaitu bahwa kandungan melanin setiap burung itu tidak sama, bahkan kepekatannya pun berbeda meskipun masih dalam satu jenis burung kenari.
  • Faktor yang kedua yaitu kandungan zat lipokrom. Apabila kandungan melanin memiliki kadar yang sedikit maka yang lebih dominan adalah kandungan lipokromnya. Semakin sedikit  kandungan melanin maka bulu burung tersebut akan semakin memunculkan warna dasar yang indah. Yaitu warna kuning, rose, merah dan warna-warna cerah lainnya.

Pakan yang Berkualitas

makanan burung kenari
burungnya.com

Jika Anda sudah memutuskan untuk memelihara burung seperti kenari, maka Anda harus tahu makanan terbaik untuk burung tersebut. Bukan berarti makanan yang banyak dijual di pasaran adalah makanan yang terbaik serta memiliki nutrisi yang cukup.

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap, tetapi burung peliharaan Anda pun sangat membutuhkan nutrisi tersebut karena berhubungan dengan sel telur serta keturunan yang dihasilkan. Untuk mengetahui mana pakan yang berkualitas Anda bisa memilih pakan dengan kemasan yang sudah di vacuum.  Tetapi, akan lebih baik lagi jika Anda menyiapkan pakan sendiri, karena Anda bisa membuat pakan yang lengkap akan nutrisi.

Pakan yang kaya akan nutrisi antara lain dapat Anda temukan di biji-bijian serta sayur-sayuran bahkan buah-buahan.

Proses Pengawinan

proses pengawinan kenari
hargaburung.id

Perawatan burung ini memang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk mengembang biakkannya juga cukup Anda sediakan kandang yang agar besar, serta sarang yang digunakan untuk kenari betina dan jantan tinggal.

Setelah sarang tersebut sudah siap, sebisa mungkin tempatkan kandang tersebut di tempat yang terkena sinar matahari setiap harinya, hal ini tentunya mudah bukan? Mengingat Indonesia sendiri adalah negara beriklim tropis yang pasti mendapat paparan sinar matahari setiap harinya.

Namun, jangan langsung Anda pertemukan kedua kenari dalam satu kandang jika kenari jantan belum siap kawin. Karena jika kenari jantan bila bukan pada masa kawin justru akan membunuh kenari betina. Hal tersebut yang harus Anda waspadai.

Apa tandanya kenari jantan siap kawin? Anda bisa melihat dari suara yang dikeluarkannya. Burung Kenari jantan yang siap kawin akan melantunkan suaranya secara lantang. Pertanda lainnya yaitu kenari jantan akan bersikap lebih galak dengan kenari jantan lain yang memasuki daerah kawasannya.

Sementara pertanda kenari betina yang siap untuk dikawinkan adalah kenari betina sibuk menyiapkan sarang dan melakukan aktivitas layaknya sedang merobek kertas seolah-olah kenari betina tengah membuat sarang.

Ada lagi pertanda yang bisa Anda amati, yaitu dengan cara meletakkan kandang keduanya secara berdampingan dan bukan malah memasukkan kedua kenari ke dalam satu kandang.

Ketika keduanya dalam kandang yang berbeda namun tetap berusaha untuk saling mendekati, maka inilah pertanda mereka sudah siap untuk melaksanakan proses kawin. Jika sudah seperti itu, selanjutnya Anda boleh menyatukan kenari jantan ke dalam kenari betina.

Ketika Anda memasukkan si jantan ke kandang betina lihatlah apakah keduanya berkelahi atau tidak. Jika mereka berkelahi maka pisahkanlah kembali. Namun, jika sebaliknya maka lanjutkan untuk menyatukan kedua kenari ke dalam satu kandang dan umumnya kedua kenari tersebut akan segera melakukan kawin.

Setelah perkawinan terjadi, burung betina akan bertelur. Dalam sekali bertelur si betina kurang lebih hanya menghasilkan beberapa telur saja, atau sekitar 3 sampai 6 butir telur. Dengan jumlah telur yang sekian itu tidak serta merta dikeluarkan sekaligus melainkan satu per satu setiap harinya. Telur-telur tersebut akan dierami hingga menetas.

Nah, ketika masa mengerami telur jangan lupa untuk tetap menyatukan pejantan dan betina dalam satu kandang.

Perawatan Kandang

perawatan kandang kenari
wikicau.com

Tidak hanya burungnya saja yang harus dijaga dan dirawat oleh pemilik. Namun, ada hal lain yang tidak kalah penting yakni perawatan kandang atau sangkar yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh burung kenari sehari-hari.

Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin. Dan dalam perawatannya hal yang harus diperhatikan, seperti kebersihannya. Pembersihan kandang kenari sangat berkaitan dengan kesehatan kenari. Tempat yang bersih tidak akan digunakan oleh bakteri, virus maupun sumber penyakit lain sebagai tempat singgah.

Sebaliknya jika kandang jarang atau bahkan hampir tidak pernah dibersihkan, maka akan digunakan oleh bakteri dan kawan-kawannya sebagai tempat bersarang dan tentunya ini akan membahayakan kesehatan kenari.

Di dalam kandang pasti Anda sudah menyediakan semacam ranting ataupun batang kayu yang fungsinya sebagai tempat bertengger  burung. Bahan yang digunakan sebagai tempat bertengger tersebut sebisa mungkin jangan menggunakan yang berbahan plastik ataupun kayu yang diserut. Karena akan mempengaruhi terhadap pernapasan burung.

Selanjutnya, kebersihan yang juga harus Anda perhatikan  adalah kebersihan tempat pakan serta tempat minum. Jangan sekali-kali Anda anggap remeh soal kebersihan alat makan kenari ini.

Hal tersebut karena jika Anda mengabaikan soal kebersihannya dan jarang mencucinya, maka bisa jadi tempat pakan tersebut di tempeli oleh banyak kuman yang nantinya akan tercampur dengan pakan burung yang Anda masukkan ke dalamnya.

Sebaiknya Anda mencuci alat makan kenari paling tidak dalam satu minggu satu kali. Mencucinya menggunakan sabun pencuci piring dan air yang digunakan adalah air mental ketika bilasan awal. Kemudian untuk bilasan kedua Anda perlu menggunakan air panas agar kuman dan bakteri hilang. Setelah selesai dicuci kemudian dikeringkan agar tidak berdampak pada makanan yaitu membuat makanan lebih cepat basi.

Jika kebersihan tempat pakannya sudah terjamin, maka untuk isinya atau pakan yang diberikan pun harus makanan yang segar. Jangan memberikan pakan burung sisa kemarin jika Anda tidak ingin ada masalah dengan kenari yang Anda miliki.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah kebersihan di sekitar kendang. Tidak hanya dalamnya saja tetapi diluar atau di sekitar kandang pun perlu Anda perhatikan kebersihannya. Misalkan terdapat bulu-bulu yang berserakan, pelet yang jatuh, dan biji-bijian yang berceceran.

Untuk lebih menjaga kebersihan Anda juga dapat membersihkan sangkar burung dan sekitarnya dengan bantuan disinfektan. Ketika sedang dibersihkan dengan disinfektan lebih baik pindahkan terlebih dahulu burung kenari tersebut ke dalam kandang atau ruangan yang lain untuk sementara waktu.

Di sisi lain, tidak hanya membersihkan kandang saja, kesempatan ini juga bisa Anda gunakan sebagai sarana mengecek ataupun memperbaiki kandang jika terdapat kerusakan pada bagian-bagian kandang yang sekiranya dapat membahayakan kenari ini.

Penyakit yang Mungkin Menyerang Kenari

penyakit burung kenari
jalaksuren.net

Beberapa jenis penyakit yang berpotensi menyerang kenari adalah Infeksi Avian Gastric Yeast, aspergilus dan beberapa lainnya. Untuk itu mari dibahas secara detail agar Anda paham dan dapat mewaspadainya.

Penyakit Aspergilus berhubungan dengan jamur parasit yang menyerang dan menginfeksi apabila kebersihan tidak dijaga dan burung mengalami stres. Jika sudah terkena penyakit ini maka bersiaplah kenari yang Anda miliki berat badannya akan turun dan juga mengalami gangguan pernapasan.

Penyakit Infeksi Avian Gastric Yeast ini juga bisa membuat si burung mengalami penurunan berat badan. Namun, yang lebih parah lagi infeksi ini menyebabkan kenari mengalami muntah yang disertai lendir. Jika sudah terkena infeksi ini, biasanya juga mudah terserang penyakit lain sehingga penyakit yang ditimbulkan bermacam-macam.

Untuk menghindari penyakit-penyakit diatas maka Anda harus tahu betul apakah kondisi kenari peliharaan Anda benar-benar dalam keadaan sehat atau tidak dan kenalilah tanda-tandanya.

Tanda pertama yang sangat mudah diamati adalah penurunan nafsu makan. Setiap hewan yang sedang mengalami tidak enak badan, pasti nafsu makan serta minumnya menjadi turun. Kenari ketika sedang sakit pun demikian, akan jarang sekali makan dan minum sehingga tidak memiliki tenaga untuk berkicau dan pada akhirnya kenari menjadi pendiam.

Selain pendiam, kenari yang sakit juga menjadi malas untuk bergerak dan beraktivitas seperti biasanya. Kenari malas untuk terbang kesana kemari dan satu tempat menuju tempat lain. Burung jenis ini juga akan lebih suka sendiri dan enggan untuk berinteraksi dengan lainnya. Sehingga aktivitasnya hanya bertengger di ranting paling ujung atau di yang paling pojok.

Tanda-tanda tersebut sangat berbeda dengan kondisi kenari saat tubuhnya sedang sehat. Kenari yang selalu periang dan sangat peduli terhadap penampilan, kenari yang selalu rajin membersihkan badannya, serta kelucuan-kelucuan lainnya pun akan hilang disaat kenari sakit.

Daftar Harga

daftar harga burung kenari
Plimbi.com

Dari penjelasan diatas, Anda pasti sudah tidak bersabar untuk mulai memelihara burung kenari. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berapa saja harga-harga kenari yang dijual di pasaran, sehingga nantinya Anda sudah memiliki pandangan ketika sedang melakukan tawar menawar dengan penjual.

Berikut daftar harga jual kenari di pasaran dari berbagai jenis dan berbagai umur:

  • Kenari AF Anakan memiliki harga jual sekitar 250.000 rupiah hingga 500.000 rupiah.
  • Kenari Lizard memiliki harga jual lebih tinggi lagi yakni 500.000 rupiah sampai 650.000 rupiah.
  • Kenari Border Anakan adalah anak kenari yang masih kecil yang berasal dari jenis Kenari Border. Harga jualnya mencapai nilai tertinggi hingga 800.000 rupiah.
  • Kenari Taiwan Jantan adalah kenari yang harganya mencapai 800.000 sampai 850.000 rupiah, harga yang lumayan merogoh kantong yang dalam ya.
  • Kenari Gloster memiliki harga yang relatif tinggi untuk harga sebuah burung, yaitu berkisar 1 juta sampai 1.4 juta rupiah.
  • Kenari Red Intensif Betina, harga jualnya lebih mahal lagi dibanding jenis sebelumnya. Harganya antara 1.400.000 rupiah sampai 1.500.000 rupiah.
  • Kenari Red Intensif Jantan. Harga burung jantan dan betina tentunya memiliki perbedaan. Dan sudah pasti akan lebih mahal jantan yaitu berkisar 1.600.000 rupiah-1.900.000 rupiah.
  • Kenari frill harganya termasuk tinggi sekali, yaitu sudah mencapai diatas 2.000.000 rupiah. Mengejutkan sekali ya harga burung kenari jenis ini
  • Kenari F3 YS Anakan harganya antara 2.500.000 rupiah hingga 6.500.000 rupiah.
  • Kenari YS betina memiliki harga diatas jenis F3 YS Anakan, harga jualnya paling mahal 6.500.000 rupiah.
  • Kenari YS jantan memiliki harga kenari yang paling fantastis yaitu hingga 10 juta rupiah lebih.

Menakjubkan sekali ya, ternyata kenari adalah burung yang menjadi favorit karena perawatannya mudah, kemampuan kicaunya bagus sehingga jelas akan menghibur Anda, harganya relatif disesuaikan dengan kantongnya, Anda bisa memilih kenari dari jenisnya sesuai kesukaan Anda ya.

Baca Juga : Burung Perkutut, Burung Unik yang Banyak Dipelihara Orang Indonesia

Semoga penjelasan-penjelasan semua tentang kenari bisa membantu Anda yang tengah merasa kebingungan dalam memilih kenari seperti apa yang ingin Anda pelihara. Semoga bisa menambah wawasan tentang dunia burung dan cara perawatannya.

READ  Mengenal Ciri, Jenis, dan Cara Perawatan Burung Beo Si Peniru Suara Manusia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.